Skip to main content

Installasi MIUI v5.7.24 di Galaxy Nexus

Ketidaktahuan merubah atau cara installasi sistem operasi baru ke Galaxy Nexus membuat ponsel ini mengalami bootloop. Beberapa waktu, mungkin hampir 2 bulan nganggur tidak tersentuh karena bingung ngoprek-nya. Bermodalkan LinuxMint dan paket android-tools-adb dan android-tools-fastboot saya mencoba ngoprek ulang Galaxy Nexus disaat orang-orang memperbarui ke Windows 10. Cara installasinya sudo apt-get install android-tools-adb android-tools-fastboot.

Bootloop
Saya pikir setelah proses installasi melalui ClockworkMod urusan selesai. Ternyata ada prosedur yang harus dilakukan sebelum melakukan installasi dari berkas .zip. Intinya setelah Anda push berkas menggunakan perintah adb push miui_GalaxyNexus_4.8.8_4115f7159a_4.2.zip /sdcard/ jangan lupa melakukan Wipe Data/Factory Reset dan Wipe Cache Partition saat sudah masuk ke ClockworkMod Recovery.

Saya sebelumnya lupa melakukan 2 hal tersebut yang mengakibatkan bootloop. Setelah 2 hal tersebut dilakukan hasilnya sukses melakukan installasi miui_GalaxyNexus_4.8.8_4115f7159a_4.2.zip ke Galaxy Nexus.

Masih Kurang Puas
Karena jamannya MIUI v6 saya mencoba memperbarui saja dengan mengunduh miui_GN_fyt_5.7.24_c7dc88c7eb_4.4.zip dan mengunggah ke Galaxy Nexus. Tentu tidak lupa melakukan Wipe Data/Factory Reset dan Wipe Cache Partition sebelum melakukan installasi miui_GN_fyt_5.7.24_c7dc88c7eb_4.4.zip.

Sekilas proses lancar dan tidak terjadi kendala. Saat reboot ternyata bootloop lagi. Berdasarkan pengalaman sebelumnya walaupun bootloop masih ditangani dengan masuk ke recovery, mengetikan perintah adb boot recover. Ternyata muncul galat No Command. Puyeng lagi..... Namun masih bersyukur karena masih bisa mengakses adb shell dan sejenisnya sehingga masih mencari akal supaya bisa diperbaiki.

Fastboot
Ini Fastboot bukan Fastfood.... Hilangnya ClockworkdMod membuang kepanikan tersendiri seakan-akan tidak bisa diselamatkan si-ponsel dan harus lapor polisi terdekat. Coba segala cara telah dilakukan untuk bisa "membenamkan" kembali ClockworkMod ke dalam Galaxy Nexus. Akhirnya menemukan sebuah cara, lagi-lagi cuma mainan adb dan fastboot. Ingat yaa fastboot bukan fastfood, maklum sudah lapar gara-gara mikir Galaxy Nexus.

Ponsel tertancap ke notebook melalui kabel data, jalankan perintah adb reboot bootloader tunggu sebentar, selanjutnya ketikan perintah fastboot devices. Ternyata menghasilkan sebuah keluaran. Langsung saja unduh recovery-clockwork-6.0.4.7-maguro.img di https://www.clockworkmod.com/rommanager.

Tanpa pikir panjang reboot ponsel sehingga dalam kondisi bootloop (biar lebih mantap kalo di-reboot hehehehe). Ketik perintah adb reboot bootloader setelah masuk ke bootloader ketikan fastboot flash recovery recovery-clockwork-6.0.4.7-maguro.img. Reboot lagi dan masih dalam tampilan bootloop, ketikan adb reboot recovery dan mulai melakukan ritual Wipe Data/Factory Reset dan Wipe Cache Partition yang dilanjutkan installasi miui_GN_fyt_5.7.24_c7dc88c7eb_4.4.zip.

Reboot dalam kondisi putus asa karena tertampil seperti bootloop, pulang ke rumah seakan-akan tanpa hasil dan ponsel dibiarkan dalam kondisi menyala. Sekitar 2km berjalan seperti terdengar suara dari Galaxy Nexus, jreeengggg..... terlihat tampilan MIUI v6. Minggir dan menghentikan kendaraan untuk melanjutkan konfigurasi awal MIUI v6 dan saat pulang serasa membawa sekarung uang hahahaha.

Google Play Store
Ngoprek dilanjut dirumah namun disebabkan koneksi tidak stabil dan tampilan peramban bawaan yang selalu mengarahkan bahasa mandarin membuat saya kerepotan. Pagi ini saya coba melalui komputer menemukan sebuah cara supaya MIUI v6 yang terinstall memiliki Google Play Store. Sebelumnya saya pake F-Droid untuk mengunduh beberapa aplikasi kesukaan nan asik. 

MIUI v6 yang terinstall di Galaxy Nexus tidak terinstall Google Play Store. Tanpa Google Play Store seakan-akan masakan tanpa penyedap rasa. Melalui petunjuk di http://en.miui.com/thread-3998-1-1.html akhirnya MIUI v6 di Galaxy Nexus serasa sudah siap tempur. Melihat linimasa banyak yang berhasil memperbarui komputer dengan Windows 10, saya juga sama... Memperbarui ponsel dengan MIUI v6.


 



Comments

Popular posts from this blog

Kesalahan Dispenser

Pada umumnya beberapa orang menyebut dispenser mengikuti istilah pada KBBI yaitu peranti elektronik yg secara otomatis dapat memanaskan dan mendinginkan air yang siap diminum. Ternyata ada istilah lain menurut KBBI yaitu mesin penjual atau mesin penyaji. 27 Desember 2013 saya melihat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari Bank CIMB Niaga sepi dari antrian. Masuklah ke ruangan yang lebih besar dibanding ruang ATM lainnya. Berencana mengambil uang namun gagal, dicoba berulang-ulang ternyata masih gagal dengan pesan galat: Transaksi tidak dapat diproses karena kesalahan dispenser Pertama melihat pesan tersebut pasti merasa aneh, kok dispenser ngeluarin uang, air dong yang dikeluarkan . Termasuk saya yang merasa aneh dengan pesan galat tersebut. Merujuk KBBI saya masih merenungi arti dispenser yang digunakan Bank CIMB Niaga dalam mesin ATM.

Jalur Alternatif Wonosobo Jogja

Mudik tahun ini mencoba jalur baru. Pengamatan saya Wonosobo hanya mempunyai 2 tugu penyambutan yaitu di sebelah timur perbatasan dengan Temanggung dan diselatan perbatasan dengan Banjarnegara. Namun akses keluar masuk Wonosobo cukup banyak. Kali ini arus balik kami dimulai dari rumah Wonobungkah menuju Kaliwiro. Ternyata dari Kaliwiro ada jalur yang baru selesai diperbaiki menuju Sapuran. Dari Sapuran ini bisa melalui jalur altenatif ke Magelang ataupun Jogja. Ada 2 jalur yang dapat dipilih dari Kaliwiro : Wonosobo - Kaliwiro - Kali Bawang - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Wonosobo - Kaliwiro - Winong Sari - Pasar Kertek - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Kami memilih jalur yang pertama. Jalannya sudah bagus walaupun ada kekurangannya yaitu sempit, naik turun, tikungan tajam, dan samping jurang. Jarang ditemukan aspal yang rusak, ada sedikit rusak namun tidak mengganggu perjalanan. Bagi yang terbiasa mabuk darat, mungkin bisa langsung

Menutup Rekening Bank Permata

Mulai tanggal 23 Desember 2008 saya sudah menutup rekening di Bank Permata . Saya menggunakan Bank Permata sebagai payroll dari PT Trikomsel Multimedia . Sejak saya pindah ke Jogja sudah tidak efektif rekening tersebut. Payroll saya pindah ke Bank Mandiri . Untung sudah mempunyai rekening Bank Mandiri sejak tahun 2001. Beberapa alasan saya menutup rekening Bank Permata : - Tidak lagi sebagai payroll lagi. - Tidak ada transaksi yang berarti lagi. - E-Banking-nya tidak bisa di buka di Firefox karena menggunakan ActiveX. Daripada tiap bulan saya terkena biaya administrasi akhir diputuskan untuk ditutup. Mungkin kalau masih bisa dibuka di Firefox saya bisa mempertimbangkan untuk menutupnya. Bank Permata yang masih 1 group dengan Astra tentunya masih menggunakan kebijakan yang berbasis Microsoft . Proses untuk menutup saya cukup mengambil uang yang disisakan sekitar Rp. 100.000. Saya membuka rekening di Bank Permata cabang pembantu Jln. Abdul Muis Jakarta Pusat. Menurut CS-nya untuk me