06 December 2004

Tips dan Trik Internet Murah

Perlu disadari memang internet di Indonesia MAHAL. Jangankan kita rakyat biasa, GM Marketing sebuah perusahaan telekomunikasi Indonesia mengatakan bahwa internet masih MAHAL sekali. Namun perlu diingat bahwa orang Indonesia cerdik dan banyak akal, contoh pesawat “butut” aja masih berkeliaran di atas awan Jogja, Tank tua yang rantainya sudah putus bisa di-"kentheng” di Tegal, AJAIB bukan?Nah kecerdikan kita bagaimana?SABAR jangan terburu-buru, saya masih ingin cerita keunggulan Indonesia dalam menghadapi malapetaka yang menimpa negara ini. Internet yang masih dirasa MAHAL namun masih ada cara-cara yang sedikit nakal tapi legal sebagai contoh perkembangan wireless di Indonesia yang membuat “berang” BALMON. Beberapa bulan yang lalu juga ada pengguna GPRS gratisan, numpang warnet teman, atau datang kekampus yang mepunyai access point dengan koneksi internet :D. Dan masih banyak lagi, yang tidak mungkin saya ceritakan.

OK kita kembali ke permasalahan internet murah. Ide ini sebenarnya dari Kang Onno waktu datang ke acaranya KPLI-Jogja dalam acara Seminar Nasional dan Demo Wireless. Internet murah yang menjadi topik adalah manajemen email. Yang berminat silahkan ikuti langkah ini :
1. HARUS punya email POP3 misal : telkom.net (Khusus pelanggan Telkomnet@instan dan GPRS Telkomsel) dan gmail.
2. HARUS punya email client seperti M$ Outlook, Thunderbird dan lain-lain.
3. Konfigurasikan account email anda dengan email client.
4. Koneksi internet terserah cara apapun INGAT asal Legal.

Anda pasti bertanya kok cara hanya seperti itu saja, OK sekarang kita analisa dengan perhitungan 1 minggu.
1. Analisa menggunakan Telkomnet@instan
Untuk mendownload email dari dalam 1 minggu diperlukan waktu sekitar 3 menit, setelah selesai langsung koneksi diputus. Biaya yang diperlukan kurang lebih Rp. 500.00. NAh sekarang baru anda baca semua email dan jika ingin mereply anda simpan dulu. OK setelah anda selesai dan ingin mereply silahkan lakukan lagi koneksi ke telkomnet@instan. Semua email yang tersimpan langsung dikirim, kurang lebih membutuhkan waktu 5 menit. Setelah terkirim langsung koneksi diputus lagi. Sekarang kita analisa biaya yang dikeluarkan dengan rumus (waktu download X Rp. 160.00) + (waktu kirim X Rp. 160.00). Kita lihat biaya download Rp. 500.00 dan biaya kirim Rp. 800.00. jadi totalnya adalah Rp. 1.300.00 /minggu, Rp, 5.200.00 /bulan. INGAT karena telkomnet@instan ini perhitungannya berdasarkan waktu jadi harus selalu diputus koneksinya untuk mengalami pembekakan penggunaan.

2. Analisa menggunakan GPRS Simpati
Untuk mendownload email dari dalam 1 minggu sekitar 500KB. Biaya yang diperlukan kurang lebih Rp. 17.500.00. Nah sekarang baru anda baca semua email dan jika ingin mereply anda simpan dulu. OK setelah anda selesai dan ingin mereply silahkan langsung dikirim, kurang lebih besar email yang dikirim sekitar 750KB, jadi kurang lebih biaya yang dikeluarkan Rp. 26.250.00. Kalau di “itung-itung” biaya yang dikeluarkan Rp. 43.750.00 /minggu. Ini masih terkesan mahal sekali namun kelebihannya anda bisa akses dimana saja selam ter-coverage jaringan Telkomsel. Apalagi kali menggunakan HP yang email client seperti Nokia3650.

3. Analisa menggunakan GPRS IM3
Untuk mendownload email dari dalam 1 minggu sekitar 500KB. Biaya yang diperlukan kurang lebih Rp. 5.000.00. Nah sekarang baru anda baca semua email dan jika ingin mereply anda simpan dulu. OK setelah anda selesai dan ingin mereply silahkan langsung dikirim, kurang lebih besar email yang dikirim sekitar 750KB, jadi kurang lebih biaya yang dikeluarkan Rp. 7.500.00. Kalau di “itung-itung” biaya yang dikeluarkan Rp. 12.500.00 /minggu. Ini mungkin lebih murah dibandingkan Simpati untuk kelebihannya sama seperti pada point 2. Anda bisa akses dimana saja selam ter-coverage jaringan Indosat. Apalagi kali menggunakan HP yang email client seperti Nokia3650. Yah, kalau dipikir ulang 1 bulan cuma beli vouvher Rp. 50.000.00.

4. Analisa menggunakan GPRS TelkomFlexi
Untuk mendownload email dari dalam 1 minggu sekitar 500KB. Biaya yang diperlukan kurang lebih Rp. 2.500.00. Nah sekarang baru anda baca semua email dan jika ingin mereply anda simpan dulu. OK setelah anda selesai dan ingin mereply silahkan langsung dikirim, kurang lebih besar email yang dikirim sekitar 750KB, jadi kurang lebih biaya yang dikeluarkan Rp. 3.750.00. Kalau di “itung-itung” biaya yang dikeluarkan Rp. 6.250.00 /minggu. Ini mungkin lebih murah dibandingkan Simpati untuk kelebihannya sama seperti pada point 2. Anda bisa akses dimana saja selam ter-coverage jaringan TelkomFlexi. Yah, kalau dipikir ulang 1 bulan cuma beli vouvher Rp. 25.000.00.

Keemapt analisa tersebut hasil pengalaman saya dalam menggunakan email. Yang perlu diingat adalah NAFSU browsing HARUS diredam. Tips dan trik ini hanya berlaku untuk manajemen email yag berbasis POP3 dan IMAP tentunya SMTP. Saya tidak bertanggung jawab atas pembekakan tarif yang anda lakukan tidak sesuai cara diatas dan adanya perubahan tarif; saya juga tidak bertanggung jawab atas artikel diatas karena ini hasil analisa saya saja. Apapun yang terjadi anda yang menyikapinya…………………

credits:
thx 2 kang Onno

2 comments:

  1. Yah, gk ada cra jlasnya..

    ReplyDelete
  2. @all
    cara jelas gimana?
    ini tips nya untuk menghemat internet.
    saat ini mungkin analisanya sudah tidak begitu relevan.
    namun masih bisa diterapkan dan cukup menghemat :)

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad