26 October 2006

[khas] Mie Ongklok


Apa sih dibalik kekhasan suatu daerah? Jika saya yang dicari adalah makanan khas. Di Wonosobo ada makanan khas salah satunya adalah Mie Ongklok. Hari ini saya menyempatkan diri untuk menikmati Mie Ongklok. Tidak lengkap jika pulang Wonosobo tanpa menyantap Mie Ongklok.

Mie Ongklok ini biasa saja hanya bagi saya pokoknya enak :). Bahan yang dibutuhkan dalam Mie Ongklok adalah, mie, kol, cai (kami menyebutnya demikian saya tidak tau bahasa Indonesia nya), kuah kental. Hanya itu saja. Istimewanya mie, cai, kol dicampur jadi satu kedalam suatu saringan bambu kemudian dimasukkan kedalam air mendidih yang kemudian di "ongklok-ongklok" (dikocok). Setelah beberapa menit di ongklok-ongklok kemudian diberi kuah kental, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap. Sebagai pelengkap adalah sate sapi. Pokonya nikmat deh rasanya. Jika anda berkunjung ke Wonosobo jangan lupa sempatkan makan mie ongklok.

Persamaan dari Mie Ongklok ini, yang pernah saya dengar adalah Mie Kopyok dan Mie Kocok. Tidak sama hanya serupa dan rasanya juga beda kok. Mie Ongklok ini hanya ada di Wonosobo belum mebuka cabang di kota lain. Di Wonosobo yang terkenal ada 2 Mie Ongklok, yaitu Mie Ongklok Sapen (deket terminal lama) dan Mie Ongklok Longkrang. Masing-masing mempunyai anak yang akhirnya menekuni bisnis yang serupa. Mie Ongklok Sapen dibuka kembali oleh anaknya di Jaraksari. Sedangkan yang Longkrang di buka oleh Bu Umi oleh sebab itu disebut Mie Ongklok Bu Umi.

Untuk membeli Mie Ongklok pada hari liburan seperti ini cukup ramai dan harus bersabar antri. Deretan parkir mobil dan motor seperti menghadiri undangan pernikahan. Anda dapat melihat kondisi dan situasi saat saya membeli Mie Ongklok melalui foto-foto dibawah ini. Foto dibawah diambil menggunakan Dopod 818pro. Jadi mohon maaf jika kurang jelas, namun cukup sebagai informasi dan anda penasaran silahkan datang ke Wonosobo. :)

Foto-foto Mie Ongklok :


Parkir Mobil


Antrian Pembeli


Suasana di dalam Warung


Suasana Lain :)


Nikmatnya Menyantap Mie Ongklok


Mie Ongklok yang telah ditunggu


Sate Sapi

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad