20 September 2007

FK2 HAKI Jogja "gak jelas"

Sebenarnya tahu jadi korban tapi tidak mau introspeksi diri kalau dirinya juga salah. Itulah yang saya lihat pada FK2 HAKI (Forum Korban Kriminalisasi Hak Atas Kekayaan Intelektual) Jogja. Ada kertas bertulisan, Servis = 35000, Install = Gratis, Denda = 500jt.

Harusnya "ngaca" donk sudah tahu kalau yang diinstall barang bajakan kok yaa mau. Kadang malah nyari installasi yg buat bajakan. La ya mbok pake yg free kan banyak. Komunitas penggerak FOSS juga ada (KPLI _red). OK, saat ini gak usah neko-neko pake yang free kaya Linux saja.

Ubuntu juga bisa jadi solusi kok, asal mau belajar. Berdayakan mahasiswa-mahasiswa Linux, kan Jogja pusatnya. Hacker KPU aja dari Jogja :p .

Disisi lain aparatnya ya mbok kooperatiflah gak usah neko-neko juga.

2 comments:

  1. ded, beneran ded itu yang kamu lihat di FK2 HAKI?
    atau itu cuman penglihatan sepintas tanpa melihat hal hal yang sebenarnya terjadi.

    kurang bijak kalo kita menghakimi sesuatu hanya dengna membaca 1 "poster" . sudahkah kamu membaca "poster2" lain ?

    sudahkah kamu lihat realita sebenarnya di lapangan?
    apa kamu gak pernah mendengar cerita tentang pointer net?
    apa kamu gak pernah mendengar cerita cerita lain yang walopun pake windows asli, aplikasi asli tetep aja kena garuk?

    pesenku cuman satu ded,
    jika ingin memposting blog tentang suatu hal apalagi yang berkaitan dengan organisasi lain, organisasi yang punya landasan hukum, jangan hanya melihat luarnya saja..

    bisa kena pasal loh...

    salam, dari diriku yang juga baru sedikit tahu tentang FK2 HAKI, tapi tau juga latar belakang pendiriannya, siapa orang2 di belakangnya ...

    setidaknya FK2 HAKI lebih berani untuk meng aksi kan "Disisi lain aparatnya ya mbok kooperatiflah gak usah neko-neko juga."

    dari pada cuman nulis di blog yang gak mungkin di baca polisi....

    they act not talk only

    peace...
    no offence..

    dukung perjuangan mereka...
    mereka tidak mendukung pembajakan, mereka mengutuk pembajakan, yang mereka tuntut bukan "boleh mbajak" tapi rasa AMAN jika tidak membajak...

    semoga blog mu ini tidak memberikan opini negativ buat perjuangan mereka yang mulia...

    amin....

    ReplyDelete
  2. Ya memang yang cukup menggelitik adalah tulisan tersebut. Saya tidak melihat spanduk yang lain.
    Anda benar bahwa saya melihat dari kulitnya saja :). Jika memang opini atau asumsi saya salah, saya mohon maaf.

    Untuk beberapa kasus tentang penggunaan Software Legal namun kena "garuk" ada kemungkinan besar memang oknum, kemungkinan lain adalah hasil ghost/clonning. Ada juga memang warnet yang masih kena garuk walopun sudah menggunakan Windows Original, hal ini memang bisa jadi oknum karena menurut BSA tidak ada sweeping terhadap warnet.

    Saya pribadi lebih suka adanya pembelajaran tentang penghargaan karya orang lain. Masyarakat kita masih kurang menerima software "alternatif". Misal, ada bapak2 datang ke toko komputer langsung minta installin Windows XP pada notebook yg sudah terinstall Linux padahal di toko sudah tertulis tidak menerima installasi Windows XP.

    Mungkin perjuangan FK2 HAKI masih panjang dan butuh dukungan dari beberapa pihak. Semoga perjuangan mereka benar2 istiqomah tidak terkotori oleh oknum2 yg tak bertanggung jawab. Oya satu lagi semoga FK2 HAKI menjadi lebih jelas dimata orang awam seperti saya dan dapat mengayomi anggota2nya.

    Hiduupp Jogja.....

    Makasih buat imronz atas masukkan dan kritikannya. Lain waktu qta bisa diskusi secara langsung :D.

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad