02 October 2009

Ketidakmampuan Internet Explorer dalam Mengunduh

Beberapa hari ini saya harus bermain dengan MS Windows. Hari ini yang bertepatan dengan hari batik, saya mencoba untuk menyalinkan berkas sebesar 13GB ke dalam beberapa komputer. Berhubung tidak mempunyai banyak Hard Disk Eksternal, akhirnya berkas saya letakkan diserver. Ketika saya mulai mengunduh berkas tersebut menggunakan Internet Explorer (IE) terlihat ketidakmampuan IE dalam mengunduh berkas sebesar 13GB.


Saya menginstall Windows XP SP3 tentunya web browser bawaan IE yang masih versi 6. Ternyata IE memang tidak tangguh dalam proses unduh suatu berkas.


Mari kita cek bersama-sama tentang ketidakmampuan IE ini. Berkas yang diunduh sebesar 13GB, ketika akan diunduh IE tidak bisa mendeteksi besar berkas. Besar berkas yang terdeteksi hanya 1.26GB.

Coba anda perhatikan pada lingkaran merah gambar dibawah ini yang membuktikan bahwa besar berkas memang 13GB namun ketika diunduh hanya terdeteksi 1.26GB.

Ketika melihat kejadian ini saya sempat bingung. Awalnya yang mencoba ini adalah dhani. Kemudian kami cek bersama-sama dan hasilnya seperti gambar diatas. Memang bahwa IE tidak mampu mengunduh berkas yang besar. Ini tidak menjatuhkan web browser besutan Microsoft. Ini pembuktian bahwa IE tidak mampu mengunduh berkas yang besar.

Tapi tenang....ini tetap ada solusinya. Solusinya adalah menggunakan Mozilla Firefox atau upgrade IE v8. Saya menggunakan Firefox v3.0 ternyata bisa mengunduh berkas sebesar 13GB tersebut. Begitu pula dengan IE v8. :D
Mozilla Firefox v3.0
IE v8
Semoga tidak mengecewakan bagi pengguna MS Windows XP, silakan upgrade saja IE v6 ke IE v8. Jika berkenan silakan menggunakan Mozilla Firefox, Opera atau Google Chrome. Bagi yang punya dana lebih atau akses MSDNAA juga bisa mencicipi Windows 7.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad