18 November 2009

Menyamar ala Google Chrome Incognito

Dalam menjaga kerahasian atau menyembunyikan jati diri kita terkadang harus menyamar. Jika para artis biasanya menutupi muka dengan mengenakan tutup kepala atau topi. Jika para penjelajah dunia maya menjaga benar nickname dengan baik. Masih banyak cara untuk menyembunyikan jati diri.

Beberapa browser internet telah dilengkapi fasilitas penghapusan jejak akses internet. Artinya penghapusan jejak ini tidak menghapus jejak di internet melainkan menghapus history akses internet anda di web browser kesayangan anda. Dulu ketika kita akan menghapus history di web browser dilakukan ketika sudah selesai menggunakan web browser. Sekarang dapat dilakukan diawal ketika akan akses internet. Istilahnya pun setiap web browser berbeda-beda.

Semisal Internet Explorer menyebut penghapusan jejak ini dengan nama InPrivate Browsing, Safari dan Firefox menyebutnya Private Browsing, sedangkan Google Chrome menyebut Incognito. Saya menggunakan Google Chrome v4.0.249.0.

Dengan mengaktifkan Incognito pada Google Chrome tetap tidak akan mempengaruhi perilaku orang, server, dan software. Jadi anda tetap harus hati-hati. Beberapa hal yang harus anda waspadai diantaranya (dikutip dari Google Chrome Incognito):
  • Situs yang mengumpulkan atau menyebarkan informasi tentang anda.
  • Penyedia jasa internet atau perusahaan yang melacak halaman yang anda kunjungi.
  • Software berbahaya yang melacak penekanan tombol dengan imbalan smiley gratis.
  • Pengawasan dari agen rahasia.
  • Orang berdiri di belakang Anda. :)
Untuk mengaktifkan Incognito pada Google Chrome tekan tombol Ctrl+Shift+N. Berikut tampilan Google Chrome Incognito. Selamat berselancar....

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad