28 November 2009

Repotase Acara Party ter-Hot di Jogja

Jogja memang cocok sekali untuk mengadakan party. Dalam 1 bulan ada ada 3 party terselenggara. Bahkan yang cukup gila adalah party yang diselenggarakan 2 sekaligus dalam 1 hari. Ada beberapa peserta yang sempat salah hadir.

Party yang diselenggarakan ini ada yang dibuka untuk publik ada yang private. Party yang dibuka untuk publik diselenggarakan di UIN dan Amikom. Sedangkan yang private ada di UGM. Party yang diselenggarakan dalam bulan Oktober 2009 sangat sukses. Pengunjungnya lebih dari 100 orang per-venue. Sedangkan yang private party lebih sedikit. Wajar-lah namanya juga Private Party :p. Sepengamatan saya Jogja memang sangat kondusif untuk diadakan party. Apalagi melibatkan mahasiswa yang memang ingin meramaikan suasana party di Jogja :)


Karmic Release Party UIN

Acara di Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga Yogyakarta atau biasa disebut UIN sangat banyak sekali pendaftar yang ditolak. Jumlahnya mencapai 111 orang. Sedang jumlah peserta yang hadir kurang lebih 150 pserta. Tidak lupa para SPG Ubuntu Jogja meramaikan acara ini. Acara yang dibuka dengan demo Al-Qur'an digital menggunakan Zekr sangat cukup meriah. Nara sumber dari Combine dan Skripta membuka wacana kita semua bahwa dengan menggunakan aplikasi berbasis Free Open Source Software dapat mensejahterakan bangsa sendiri. Hal ini terungkap bahwa penggunaan Free Open Source Software sedikitnya keluarnya uang negara ke luar negeri. Justru uang akan berputar didalam negeri untuk mensejahterakan rakyat.

Selanjutnya materi yang dibawakan oleh Kelompok Studi Linux UIN cukup menghibur dengan dibumbui aroma dagelan-dagelan. Hal ini membuat peserta menjadi lebih bersemangat mengikuti acaranya. Setelah makan siang dilanjutkan diskusi tentang permasalahan seputar Ubuntu.

Karmic Release Party Amikom
Acara yang diselenggarakan di Ruang Citra STMIK Amikom penuh dengan peserta. Diawali pembukaan oleh Pak Melwin (Anggota KPLI Jogja Generasi I). Berhubung nara sumber tentang animasi 3D menggunakan Blender belum hadir, akhirnya acara diisi dengan materi pembuatan lagu di Linux. Aplikasi yang disarankan adalah, Hydrogen, Audacity, LMMS, dan Ardour. Jika ingin mudah membuat lagu di Linux sebaiknya menggunakan UbuntuStudio ungkap Cahyo Putra yang kebetulan personel dari Narayana Band. Tidak lama kemudian Dony dari IndoBlender hadir dan langsung membawakan materi-materi 3D di Blender. Ditunjukan juga preview Blender 3D v2.5 yang cukup memudahkan para 3D Maker yang terbiasa dengan 3D Max.

Setelah istirahat siang, Cahyo mendemokan cara membuat lagu dari awal sampai menjadi lagu yang siap didengarkan. Walaupun hanya berdurasi pendek namun sangatlah bagus hasilnya. Lagu dibuat dengan bantuan alat musik keyboard yang kemudian di-mixing menggunakan ardour dengan ditambahkan aplikasi lainnya. Dari acara ini sepertinya ada yang ketiban pulung untuk ngerjain proyek...:D

Karmic Release Party UGM
Jurusan Teknik Elektro UGM mengadakan Karmic Release Party untuk sekitar UGM atau Fakultas Teknik UGM. Sebenarnya tidak menutup kemungkinan cara ini terbuka untuk umum. Saya tidak bisa hadir pada KRP di Teknik Elektro UGM karena harus mengahdiri KRP di Amikom. Hasil baca-baca repotase Dhanza sepertinya sangat menarik KRP di UGM. Karena pada KRP di UGM disajikan materi tentang simulasi robot menggunakan Player/Stage. Jika ingin mencoba silakan instal Player/Stage dengan mengetikkan perintah sudo apt-get install robot-player.

Party sejenis ini juga dilaksanakan dibeberapa kota lebih jelasnya dapat dilihat di http://wiki.ubuntu-id.org/ReleaseParty. SPG Ubuntu Jogja sengaja hadir ke kota lain diantaranya Solo dan Kebumen. Inginnya kami ingin hadir dan bersilahturahim dengan rekan-rekan Ubuntu di sekitar Jogja, tapi karena ada beberapa kesibukan hanya 2 kota saja :). Namun sebentar lagi Ubuntu Jogja juga akan meramaikan acara di salah satu mall di Jogja.

Jadi sampai jumpa lagi.......informasi akan selalu saya perbaharui melalui blog ini.

2 comments:

  1. nderek titip reportase mas:
    Solo => http://frijal.com/silaturahmi-spg-jogja/
    Kebumen => http://frijal.com/spg-ubuntu-jogja-feat-forum-linux-kebumen/

    MaturTengkyu mas Dad... ;)

    ReplyDelete
  2. @rijal :
    Terimakasih atas informasinya. :)

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad