07 January 2010

KGOS, Distro untuk Pemerintah Kabupaten Kendal


Setelah Jogja dan Aceh melakukan migrasi ke Open Source Software, kali ini beberapa kabupaten juga mulai migrasi ke Open Source Software. Hal ini mungkin didasari adanya surat edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor:SE/01/M.PAN/3/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software. Pemerintah Kabupaten Malang memilih distro BlankOn untuk diinsttal disekitar 40 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Dalam dekat pun Pemerintah Kabupaten Malang akan mengembangkan distro sendiri berkerja sama dengan KPLI Malang. Distro tersebut akan diberi nama Kanjuruhan yang diambil dari sebuah kerajaan Hindu yang pusatnya dekat dengan kota Malang.

Tidak mau kalah dengan Pemerintah Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten Kendal juga akan memigrasikan komputer menggunakan sistem operasi Linux. Sistem operasi Linux yang akan digunakan adalah KGOS. Distro KGOS atau Kendal Go Open Source ini sama dengan Ubuntu 9.10. Namun ada beberapa aplikasi tambahan yang telah disesuaikan. Aplikasi yang terdapat dalam KGOS adalah :

  1. Aplikasi Perkantoran : Open Office 3.1.1
  2. Aplikasi Disain : GIMP, Inkscape, Scribus, Blender
  3. Aplikasi Multimedia : Audacious2 (music player), VLC Media Player
  4. Aplikasi Desktop : Compiz, Emerald, AWN Manager.
  5. Aplikasi Internet : Firefox, Chromium (web browser), Kopete (aplikasi chatting), Cheese Webcam Booth (aplikasi webcam), Filezilla (aplikasi FTP)
  6. Aplikasi Pendidikan : Childsplay (game edukasi untuk anak-anak pra sekolah hingga SD), TuxPaint (game mewarnai), Kalgebra, Kalzium, Marble, Stellarium
  7. Lain-lain : Wine

KGOS rencananya akan diluncurkan pada hari Minggu, 10 januari 2010 jam 08.00 WIB bertempat di Pendopo Kabupaten Kendal. Bagi yang tertarik silakan hadir saja. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Pengarah MILAD ke-40 SMA Muhammadiyah 1 Weleri, kontak personnya M. Sigid Hariadi (0294-5755409). Weekks...nama belakangnya mirip dengan saya :D

Semoga peluncuran KGOS ini dapat memacu semangat kota-kota lain. Tempat saya, Wonosobo kok belum ada kabarnya...:thinking: Padahal disana sudah ada Komunitas Linux Wonosobo atau biasa disebut Kliwon yang berbasis di Kampus Universitas Sains dan Ilmu Al-Quran (Unsiq).

4 comments:

  1. Sebelum diluncurkan, mestinya di tambahi Senayan, untuk perpustakaan daerah Kendal dan sekoleh2 dsana...

    Pasti hebat. Bisa di usulkan mas Dedy

    ReplyDelete
  2. @purwoko :
    bagus sekali idenya.
    mungkin temen2 di Tim Senayan membuat paket yang siap pakai untuk di Ubuntu.
    jadi tinggal apt-get install senayan :)

    ReplyDelete
  3. ini adalah hal yg bagus bagi dunia open source di indonesia. :-)

    my_blog

    ReplyDelete
  4. @jacob :
    semoga penetrasinya luas....

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad