09 January 2010

Terjawab Teka-teki Pengunjung Localhost di Indostats


Beberapa bulan yang lalu saya dikejutkan dengan log yang diberikan dari indostats.com. Log tersebut menunjukkan bahwa pengunjung blog ini dari localhost. Biasanya log yang tercatat oleh indostats.com adalah IP Publik bukan IP localhost, 127.0.0.1. Saya sempat heran, kok bisa pengunjungnya tidak tercatat berupa IP Publik. Saya fikir ini kesalahan sistem sehingga ada pengunjung dari IP 127.0.0.1. Akhirnya pun tidak saya pedulikan dan hanya disimpan buat kenang-kenangan bahwa ada pengakses blog ini dari localhost.

Pagi ini juga dikagetkan kembali dengan kasus yang sama. Saya sempat bingung. Jika sistem ada masalah tidak mungkin berulang-ulang. Saya baru sadar bahwa beberapa hari ini saya mengikuti cara Budi Wijaya dalam menghemat dan mempercepat koneksi HSDPA. Saya ikuti semua caranya dengan menginstall dnsmasq dan squid, sudo apt-get install dnsmasq squid. Tidak lupa setting pada dnsmasq dan squid mengikuti petunjuk Budi Wijaya.

Saya coba kembali dengan me-refresh akses keblog ini . Ternyata betul tercatat pada log indostats.com bahwa ada pengakses/pengunjung menggunakan IP localhost dengan web browser Google Chrome. Saya memang menggunakan Google Chrome saat mengakses blog ini . Dengan ini saya yakin bahwa pengunjung localhost pada log indostats.com adalah pengunjung yang mengaktifkan fungsi hampir sama dengan saya atau Budi Wijaya.


2 comments:

Disqus for Dedy selalu Milisdad