07 January 2010

Virus W32/VBTroj.CEUU Menyerang Pidgin??


Layanan Instant Messaging setiap negara memang berbeda-beda. Hasil pengamatan dan pengalaman Fajran yang kebetulan menempuh studi di Belanda teman-temannya menggunakan layanan Instant Messaging berbeda-beda. Saya setuju dengan Fajran bahwa di Indonesia banyak yang menggunakan layanan Instant Messaging dari Yahoo. Yahoo Messenger atau dikenal dengan YM memang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia.

Baru-baru ini seperti yang dikutip dari detikinet bahwa ada virus yang memanfaatkan pengguna YM. Selain itu menurut Adi analis antivirus dari Vaksincom penyebaran virus bisa juga melalui Skype, GTalk, Windows Live Messenger, dan Mail.Ru Agent. Virus tersebut terdeteksi sebagai W32/VBTroj.CEUU oleh Norman Security Suite.

Saya memang pengguna layanan YM namun tidak menggunakan aplikasi YM dari Yahoo. Saya menggunakan Pidgin untuk multi layanan Instant Messaging. Pertanyaannya adalah apakah pengguna layanan YM yang menggunakan Pidgin juga terkena imbasnya? Saya sering juga mendapatkan pesan-pesan aneh dari pengguna YM yang berbasis MS Windows. Kebetulan saya menggunakan Linux, tepatnya menggunakan distro Jolicloud. Apakah juga akan terserangan dari virus W32/VBTroj.CEUU ?

Jika hanya pesan-pesan aneh yang terkirim tidak begitu dipermasalahkan. Cuma agak risih saja mendapatkan pesan-pesan aneh. Asalkan tidak mengikuti petunjuk yang terdapat dalam pesan, saya fikir tidak masalah. Namun saya sebagai pengguna layanan YM yang menggunakan aplikasi Pidgin di Jolicloud harus tetap hati-hati.

4 comments:

  1. Kalo menerima pesan aneh, berarti teman yang mengirim pesan itu yang YM clientnya terkena, pastinya pake YM client dari google dan OS MS Windows.

    Pidgin Windows aja setahu saya ga bisa kena, karena struktur aplikasinya pastinya beda dengan YM client dari Yahoo, walaupun sama-sama jalan diatas OS yang tidak aman.

    Kalo masih ga yakin, tinggal cari aja lewat google, cara kerja Virus tersebut, bagian system mana yang diserang, cara virus/worm mereplikasi diri, dll. Di situs produsen antivirus seperti Norton pastinya tersedia lengkap.

    ReplyDelete
  2. @donny :
    trims atas berbagi dan tambahan informasinya.
    saya akan mencoba mengunduh beberapa berkas yang disarankan dari pesan2 aneh tersebut :)

    ReplyDelete
  3. pesan aneh itu biasanya account password penggunanya udah di hack.jadi harus di ganti biar ga sering di kirimin pesan aneh. :-)

    my_blog

    ReplyDelete
  4. @jacob :
    ternyata gak isa unduh berkas2 tersebut.

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad