04 February 2010

Tips Aman Penggunaan ATM

Ketika saya mengurus ATM yang terblokir, ada sebuah brosur tentang tips aman penggunaan Mandiri ATM dan Mandiri Debit. Saya salah satu nasabah Bank Mandiri yang sering melakukan transaksi melalui ATM maupun Debit. Saya tidak menanyakan ke Customer Service tentang brosur ini, apakah brosur lama atau brosur baru. Dengan adanya brosur ini cukup membantu para nasabah untuk waspada kejadian pembobolan uang melalui ATM akhir-akhir ini. Berikut 4 tips aman penggunaan Mandiri ATM dan Mandiri Debit yang dikutip dari brosur.

Melindungi Kerahasiaaan PIN
  • Jaga kerahasiaan PIN
  • Ganti PIN secara berkala
  • Biasakan menutupi dengan tangan atau benda lain saat menekan PIN
  • Petugas Bank tidak pernah menanyakan PIN Anda

Transaksi di ATM
  • Pilih lokasi yang ama (dekat petugas keamanan atau tempat ramai)
  • Batalkan transaksi dan segera lapor ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing atau kabel yang tidak wajar
  • Pastikan kartu, uang dan bukti transaksi sudah ada ditangan anda kembali
  • Waspadai orang tak dikenal yang tiba-tiba menawarkan bantuan pada saat transaksi di ATM
  • Segera blokir kartu bila menemukan kejanggalan transaksi

Transaksi di Merchant
  • Ikuti secara cermat keberadaan kartu
  • Bila ada alat mencurigakan menempel pada mesin EDC, segera batalkan transaksi

Menghindari Penipuan
  • Waspadai orang-orang yang meminta bantuan untuk transfer uang
  • Segera hubungi bank jika kartu tertelan
  • Segera lapor ke bank dan polisi jika dana berkurang secara mencurigakan

Cetaklah buku tabungan secara berkala dan cermati data transaksi yang aneh.
Semoga informasi ini bermanfaat karena bersifat umum tentang tips aman penggunaan ATM.

2 comments:

  1. saran yg sangat bagus.tapi skrg aq lihat di atm mandiri udah ada pengamanan ekstra seperti ada pelindung di tombol angka di mesin atm.mungkin itu dibutuhkan utk menghindari orang yg melihat PIN saat kita melakukan transaksi ya. :-)

    ReplyDelete
  2. @yacob :
    pihak bank memang harus sering melakukan edukasi dan kampanye ke nasabah.

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad