27 April 2010

Lucid Release Party On-Line

Menurut informasi yang saya terima pelaksanaan Lucid Release Party di Indonesia baru ada 4. Paling dekat adalah Lucid Release Party di FMIPA Universitas Diponegoro Semarang pada tanggal 6 Mei 2010 jam 09.00 - 13.00. Di Semarang akan dikupas tuntas tentang sejarah dan perkembangan Ubuntu. Tentunya tidak lupa akan menyampaikan hal-hal baru di Ubuntu 10.04 LTS. Informasi lebih lengkap di Komunitas Ubuntu Semarang.

Selanjutnya Lucid Release Party di selenggarakan di Solo yaitu pada tanggal 9 Mei 2010. Tempat pelaksanaan di STMIK Sinar Nusantara. STMIK Sinar Nusantara atau biasa disebut Kampus Sinus merupakan kampus yang pernah menyelenggarakan acara Starting Point KPLI Solo. Akkhirnya pun perkembangan Linux di Solo cukup berkembang. Informasi selanjut di KPLI Solo.

Ternyata selain di Kampus Sinus Solo dan Universitas Diponegoro Semarang ada Lucid Release Party yang diselenggarakan secara On-Line. Penyelenggara Lucid Release Party secara On-Line ini adalah GLC Learning Center. Ini release party yang cukup unik di Indonesia, seingat saya dulu Komunitas Ubuntu Indonesia ingin mengadakan release party secara serentak. Tentunnya memanfaatkan media internet. GLC Learning Center menyelenggarakan Lucid Release Party ini menggunakan media internet. Waktu pelaksanaan tanggal 8 Mei 2010 1 Mei 2010 jam 08.00. Perkiraan durasi dari Lucid Release Party sekitar 1-2 jam. Narasumbernya adalah Achmad Mardiansyah yang merupakan pengajar dari GLC Learning Center. Saat ini Achmad Mardiansyah kuliah di Program Master of Engineering Telecommunication University of New South Wales (UNSW) Sydney, Australia mengambil jurusan Ilmu Telekomunikasi. 

Diharapkan peserta yang telah mengikuti  Lucid Release Party On-Line bersama  GLC Learning Center mempunyai pengetahuan dasar tentang Ubuntu seperti :
- Mengetahui tentang UNIX, UNIX-like, Linux, Ubuntu
- Memahami konsep Linux, distro, base system
- Mampu menjelaskan kepada orang lain tentang Ubuntu, Linux, BSD, GPL, GNU, FSF.
- Mampu melakukan instalasi Ubuntu
- Mengerti fitur Ubuntu: manajemen paket, security, desktop, server.
- Memahami lisensi Ubuntu
- Memahami perbedaan release Ubuntu, serta varian Ubuntu.
- Mampu menjelaskan kepada orang lain kelebihan Ubuntu
- Mampu menjelaskan kerugian memakai Ubuntu
Informasi lebih lengkap di GLC Learning Center.

Nah...baru tanggal 15 Mei 2010 Lucid Release Party diselenggarakan di Jogja, hasil kerjasama Minat S2 Simkes FK UGM dan Komunitas Ubuntu Jogja. Bahkan menurut gosip tanggal 15 Mei 2010 di Bandung juga akan terselenggara Lucid Release Party. Anda bingung akan menghadiri Lucid Release Party? Party On-Line di GLC Learning Center bisa manjadi pilihan anda. :)

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad