05 May 2010

Layanan PLN UPJ Sleman

Tagihan listrik bulan Maret yang dibayarkan pada bulan April melonjak hampir 100%. Rumah pertama kali menggunakan listrik bulan Januari. Jadi ini tagihan yang ketiga. Saya kaget ketika melihat tagihan yang melonjak.

Saya melakukan pembayaran lewat Internet Banking Bank Mandiri. Di dalam tanda bukti Internet Banking pada kolom LWBP (Luar Waktu Beban Puncak) tercatat 8600-25000. Tentunya ini mengherankan. Menurut saya ini tidak masuk akal. Saya coba cek di http://202.162.217.251/info_billing/index.php ternyata Nomor Pelanggan saya tidak terdaftar. Tambah bingung.....

Akhirnya saya komplain ke PLN UPJ Sleman ketemu dengan pak Joko dengan membawa tanda bukti transaksi Internet Banking. Disana saya dijelaskan dan diberikan bukti pemakaian saya selama 3 bulan pertama ini. Ternyata LWBP yang tercatat di Internet Banking kurang tanda koma atau dua nol dari belakang diabaikan. Jadi pemakaian saya sebenarnya adalah 86 sampai 250. Sedikit lega....

Tapi saya penasaran kok bisa tagihan saya melonjak. Dijelaskan kembali oleh pak Joko bahwa kemungkinan lonjakan ada yang disebabkan penggunaan yang tinggi atau kesalahan pencatatan. Pak Joko menduga tagihan berikutnya pasti akan turun. Betul...setelah dicek disistem biling PLN tagihan saya turun. Mungkin saya hanya membayar sekitar Rp. 140.000.

Berhubung pagar rumah saya selalu terkunci. Petugas pencatat mengalamai kesulitan untuk mencatat penggunaan listrik secara akurat. Walaupun ada orang dirumah saya tidak memperkenankan orang yang tidak dikenal untuk masuk rumah. Ini merupakan kesalahan saya kepada petugas pencatat. Akhirnya saya diberikan solusi oleh pak Joko bahwa sebelum tanggal 25 mohon untuk mencatat secara mandiri selanjutnya ditulis di papan informasi dengan huruf besar dan jelas didepan rumah. Selain itu bisa menginformasikan penggunaan listrik selama 1 bulan ke nomor telepon layanan PLN UPJ Sleman 0274-868368 atau 0274 869455.

Jika anda mempunyai rumah yang serupa seperti rumah saya silakan berkoordinasi dengan petugas pencatat atau menghubungi PLN UPJ setempat.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad