02 July 2010

Internet Murah Menggunakan Three

Three atau Tri sama saja. Tri merupakan merk dari operator PT Hutchison CP Telecommunication. Sekitar tahun 2007 saya sudah menggunakan Tri yang menurut informasi sudah langsung mengoperasikan layanan 3G dan 2G. Namun tidak bertahan lama karena jangkauannya tidak luas. Akhirnya saya putuskan untuk tidak menggunakan Tri.

Baru seminggu ini saya menggunakan Tri kembali karena Tri mengeluarkan paket internet murah. Saya fikir ini murah daripada operator yang telah saya gunakan. Operator yang saya gunakan rata-rata perbulan 100ribuan. Saya cukup membeli perdana Tri Rp. 3000 dan isi pulsa Rp. 25.000 saya sudah bisa akses internet murah dengan kecepatan 80kbps atau bisa mengunduh berkas sekitar 10KB/s (lokasi dirumah saya). Menggunakan operator lain belum tentu dapat kecepatan segitu.

Dengan pulsa senilai 25.000 saya mendapat kuota perbulan 500MB kecepatan upto 236kbps, untuk wilayah Yogyakarta. Jika di Jakarta bisa lebih besar lagi. Setelah kuota saya terpenuhi saya masih berinternet ria kecepatan upto 64kbps. Saya pikir lebih dari cukup.

Untuk berinternet ria saya harus daftar dulu dengan mengetikkan MAU500MB kirim ke 234. Selanjutnya APN-nya saya rubah ke 3data dan untuk username : 3data ; password : 3data. Maka berkas konfigurasi di /etc/wvdial.conf :
[Dialer 3-mod]
Auto DNS = 1
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CGDCONT=1,"IP","3data","0.0.0.0"
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
Phone = *99#
Modem = /dev/ttyUSB3
Username = 3data
Password = 3data
Baud = 9600


Informasi lebih lanjut tentang internet murah menggunakan Tri dapat dilihat pada www.tri.co.id/broadband atau di http://de.tk/iG9H6

12 comments:

  1. di Balikpapan-KalTim lancar hay-hay mas.... (avg:30kbps) liumayan untuk apt-get!

    ReplyDelete
  2. @rijal :
    wah makin lancar aja niih ngenetnya :p

    ReplyDelete
  3. @hanafi :
    belum ada modal utk mencoba :)

    @ zahris, nasrul :
    selamat mencoba :)

    ReplyDelete
  4. di depok masih kurang lancar, cuman dapet gprs T_T

    ReplyDelete
  5. sayang, di daerah dimana saya tinggal, sinyal 3 belum ada

    ReplyDelete
  6. @dwi, @jarwadi :
    Sinyal Tri memang tidak stabil, sy pernah ngalamin dalam 1 ruangan kualitasnya berbeda. :(

    ReplyDelete
  7. Pertengahan tahun 2010 saya mencoba dan cukup nyuslah. Begitu diawal tahun 2011 kualitasnya sangat jauh berbeda, jauh lebih lambat. Yang anehnya lagi saya ngutak-atik kok 3 bisa menggunakan APN tidak hanya 3data & 3gprs saja, tetapi APN internet pun bisa digunakan. Padahal setau saya APN internet itu milik Telkomsel.

    ReplyDelete
  8. @batik :
    silakan tp sepertinya skr tdk lancar
    @felex :
    makin aneh, namanya juga paling murah :D
    sekarang saya sudah berpaling ke AXIS

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad