18 August 2010

Merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-65 secara Elektronik

Ternyata banyak macamnya cara merayakan kemerdekaan Indonesia. Sepengetahuan saya ada yang merayakan secara elektronik. Sewaktu saya masih kecil selain mengikuti lomba-lomba dan upacara bendera, saya melihat siaran langsung pengibaran sang saka merah putih melalui televisi. Saya pikir sampai saat ini pun masih banyak yang melihat upcara bendera tersebut di televisi. Naahh...menurut saya ini juga bagian dari merayakan HUT Kemerdekaan RI. Selain melihat ditelivisi sekarang cukup banyak inovasi-inovasi teknologi sebagai media merayakan HUT Kemerdekaan RI. Sebut saja media Internet. Ternyata cukup banyak peminatnya.

Animasi Merah Putih di Plurk
Microblogging Plurk ramai dengan timeline yang meriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-65. Kelebihan Plurk diantaranya kita bisa menyisipkan gambar atau animasi buatan sendiri. Animasi bendera Merah Putih yang terdapat pada blog Latif cukup banyak di-comot untuk menghiasi timeline Plurk. Jika menggunakan Plurk Mobile tidak terlihat. Harusnya menggunakan Plurk Standard.

Trending Topic Twitter
Di Twitter saya sempat melihat #indonesia65 dan #merdeka menjadi trending topic. Sepertinya banyak sekali yang mengungkapkan kemerdekaan melalui Twitter. Saya bukan pengguna Twitter aktif hanya sesekali saja nge-twit. Jadi saya tidak bisa cerita banyak. Ternyata kelupaan untuk screen capture trending topic #indonesia65 atau #merdeka :doh:

Remote Check-in Foursquare
Saya melihat sejak sahur sudah banyak yang melakukan Check-in di Monumen Tugu Proklamasi. Pengguna Foursquare bisa melakukan remote Check-in pada http://foursquare.com/mobile/venue/4259037. Banyak sekali orang yang Check-in di Monumen Tugu Proklamasi pada waktu menjelang detik-detik Proklamasi. Alhasil saya dapat badge Swarm dan Super Swarm. Informasi tentang badge di Foursquare bisa baca http://aprisa.web.ugm.ac.id/2010/06/arti-dan-cara-mendapatkan-badge-foursquare/.


Upacara Bendera Digital
Ini sangat fenomenal dan unik, upacara bendera secara digital. Untuk mengikuti buka situs web http://www.indonesiaoptimis.org/upacarabendera/. Dihalaman web sudah terdapat petugas upacara lengkap seperti upacara bisanya. Tidak hanya ada gambar petugas namun anda dapat klik petugas upacara digital ini dan temukan nuansa upacara bendera. Saat saya akses dari rumah dengan koneksi GPRS sangat tidak bersahabat. Alhasil saya harus sering refresh web browser. Pagi ini saat saya akses dari kantor lancar jaya tanpa halangan. Sampai pagi ini (18 Agustus 2010, 08:37) sudah 38525 pengunjung.


Deface Situs Web
Ucapan HUT Kemerdekaan RI terdapat juga pada beberapa situs web. Namun ucapan tersebut bukan dari pengelola situs web tersebut. Untuk melihat daftar situs web yang halamannya terdapat ucapan tersebut di http://us.detikinet.com/read/2010/08/16/110858/1421111/323/rayakan-hut-ri-ke-65-puluhan-situs-diserang. Namun beberapa sudah tidak bisa akses atau diperbaiki oleh pengelolanya.

Apakah anda punya cara merayakan HUT Kemerdekaa RI ke-65 yang unik? Silakan anda berbagai pengalaman merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-65 melalui kolom komentar. MERDEKA!!!

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad