13 October 2010

Android Juga Linux

"Rocker juga manusia punya rasa punya hati" itulah kutipan lirik lagu dari Seurieus Band yang berjudul Rocker Juga Manusia. Ternyata lirik itu bisa juga pas untuk Android. Jadinya : Android juga Linux yang punya kernel Linux. Tapi ini sangat tidak pas untuk dinyanyikan hanya pas untuk lirik saja.

Intinya Android adalah bagian dari Linux sama seperti distro-distro lain. Pada polling Detikinet tentang OS Smartphone antara Linux dan Android dibedakan. Maksudnya bagus tapi menurut saya lebih tepat Linux dan Android tidak dipisahkan. Misal menjadi Android / Linux.

Saya menggunakan Sony Ericsson X10 Mini Pro ketika saya jalankan perintah uname -a untuk melihat versi kernel ternyata bisa dan menampilkan versi kernel. Kebetulan Sony Ericsson X10 Mini Pro masih menggunakan Android v1.6. Namun untuk menjalankan perintah uname harus sudah bisa nge-root karena untuk menjalankan perintah busybox. Versi kernel yang digunakan adalah Linux localhost 2.6.29 #1 PREEMPT Thu May 20 13:19:19 2010 armv61 unknown.

6 comments:

  1. wah...sip..sip...jadi tertarik oprek android..

    ReplyDelete
  2. @canggih:
    nek benwit e cilik, baterai ne cepet entek dadi males :D

    ReplyDelete
  3. wah keren neh, jadi tambah kesengsem ama android.

    Putra Eka

    ReplyDelete
  4. @putra :
    asal siap2 koneksi yg bagus :)

    ReplyDelete
  5. wah...tapi sayang versi kernelnya udah jadul, bisa2 kena localroot xpl... :D


    *mantep deh jd kepengen jg punya android* hihihiii

    ReplyDelete
  6. @darman :
    nge-root itu kan proses dr local exploit :p

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad