06 December 2010

Pertanyaan untuk BKD Wonosobo

Ini sekedar mengarsip pertanyaan yang sebenarnya tidak ingin saya tulis di blog. Berawal dari keanehan sebuah lembaga pemerintah meletakan informasinya di penyedia blog gratisan dan meletakkan berkas untuk diunduh juga media publik di luar negeri. Saya sadar itu hak masing-masing lembaga pemerintah tersebut. Tidak nahan uneg-uneg tersebut karena saya sering ditanya oleh orang-orang terdekat tentang sistem CPNSD di Kabupaten Wonosobo. Akhirnya saya tulis beberapa uneg-uneg, sebagai berikut :

1. Kok tidak melalui CPNSD terpusat di http://cpns.jatengprov.go.id/ ?
Ini kembali menjadi pilihan dan hak pemerintah kabupaten atau kota untuk CPNSD secara mandiri. Tentunya bangga menjadi penyelenggaraan CPNSD secara mandiri, semoga sukses mengarsip data-data secara manual tanpa sentuhan pengelolaan Database Berbasis Komputer dalam hal ini memanfaatkan database server.

2. Situs BKD Wonosobo di hosting di Blogspot?
Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 28/PER/M.KOMINFO/9/2006 bahwa satuan kerja pemerintah daerah (SKPD), penamaan situs web menggunakan sub domain. Harusnya http://bkd.wonosobokab.go.id atau www.bkd.wonosobokab.go.id. BUKAN http://bkdwonosobo.blogspot.com/. Masak membuat sub-domain saja tidak bisa atau tidak ada space hosting ?

3. Unduh Berkas Pengumuman di Ziddu ?
Berikut tulisan yang saya copy-paste dari http://www.nyem.or.id/2008/01/iseng-daftar-ziddu/
Ziddu.com yaitu sebuat website yang menyediakan layanan file hosting sharing gratis. Ziddu.com sama halnya seperti rapidshare.com, megaupload, indoupload.com dan yang lainnya. Tapi ada yang spesial dari file hosting sharing gratisan ini, setiap orang yang mendownload file yang kita upload, kita akan mendapatkan $0,001 dari Ziddu.
Ada berapa orang yang mengunduh informasi dari http://wonosobokab.go.id/main2/ yang berkasnya diletakkan di Ziddu? Padahal di Indonesia ada tempat penyimpanan berkas secara online dan gratis, http://upload.ugm.ac.id/, http://www.kitaupload.com/ atau bisa diletakkan di situs web http://wonosobokab.go.id.

4. Sulit Mengelola Data Manual ?
Sampai hari ini, 6 Desember 2010 jam 14.52 WIB belum ada informasi tentang Hasil Seleksi Administrasi. Minggu sore saya dapat informasi bahwa data yang baru terselesaikan dari BKD adalah formasi Guru atau Tenaga Kependidikan. 2 formasi lainnya belum ada informasi lagi. Namun ada informasi lain bahwa formasi Tenaga Teknis sudah mendapat SMS. Informasinya sungguh membuat resah para calon pendaftar.

Pengumuman CPNSD Wonosobo 2010
5. Berkas yang diunggah .XLS ?
Saya tidak mempermasalahkan data .XLS yang diunggah dari sisi piranti lunak yang digunakan. Saya hanya bertanya-tanya, jika berkas .XLS sebagai media informasi data yang baru mengapa tidak memanfaatkan Google Docs. Contoh yang memanfaatkan Google Docs, Jalin Merapi.

6. Email menggunakan Yahoo ?
Kontak administrator situs web saja masih menggunakan email @yahoo.com. Kenapa tidak menggunakan @wonosobokab.go.id? Lagi-lagi masalah space hosting? Walaupun sama-sama gratisan masih bisa menggunakan Google Apps dengan domain @wonosobokab.go.id. Membuatnya mudah kok, tidak perlu keahlian khusus cukup membaca tata cara yang ada.

Berikut video tentang situs web Kabupaten Wonosobo :



Update : 
- Monday, December 06 2010 02:56 PM
- Monday, December 06 2010 16:41 PM

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad