18 April 2012

Install OpenVPN di Android

Saat saya menanyakan ke teman-teman apakah memerlukan VPN di ponsel bersistem operasi Android, jawabannya kurang lebih cenderung dibutuhkan. Saya sendiri baru kali ini sempat ngoprek VPN lagi. Dulu menggunakan PPTP tapi cenderung gagal. Baru 2 hari ini sepertinya lancar jaya. Saya menggunakan Huawei Boulder untuk uji cobanya, kalau di Ubuntu tidak perlu diragukan lagi. Anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti dibawah ini :
1. Ponsel harus dalam kondisi ter-root, untuk Boulder bisa menggunakan SuperOneClick.
3. Pasang OpenVPN Setting
4. Pasang Tun.ko untuk mengambil modul tun.ko


Jika 4 hal diatas sudah dipenuhi tanpa kecuali, anda bisa mulai melakukan installasi OpenVPN sesuai panduan di http://vpnblog.info/android-openvpn-strongvpn.html. Siapkan juga berkas ca.crt yang didapat dari server OpenVPN anda dan namaserver.ovpn yang isinya seperti dibawah ini :
client
dev tun
script-security 3
proto tcp
remote  ip.server.vpn.anda  1194
resolv-retry infinite
nobind
ca ca.crt
auth-user-pass
reneg-sec 0
cipher AES-256-CBC
comp-lzo
Kedua berkas tersebut diletakkan di direktori /sdcard/openvpn pada ponsel anda. Jika tidak ada direktori openvpn, silakan anda buat sendiri. Referensi untuk memindahkan berkas menggunakan ADB dapat mengikuti panduan dari Radith, http://radithtux.blogspot.com/2012/03/remote-adb-android-melalui-wireless.html. Terimakasih kepada Himawan, Danang, Rijal, Panji, dan Eka yang bersedia menjawab pertanyaan saya melalui Twitter.



No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad