07 April 2012

Merakit USRP1


Saat pertama kali paket USRP datang ternyata didalamnya tidak disertai buku panduan. Saya buka isinya seperti gambar dibawah ini atau isinya dapat dilihat pada tulisan sebelumnya.




Sesuai petunjuk Somat, "pasang saja semuanya sudah cocok, masalah RFX-1800 bisa di buat satunya untuk TX dan satunya lagi untuk RX". Saya jadi inget semua peralatan elektronik sudah "berjodoh", kalau tidak cocok jangan dipaksa. Baiklah sesuai petunjuk saya coba rakit satu per satu.


Memasang papan USRP

Memastikan box warna hitam disesuaikan dengan papan USRP yaitu penandanya adalah lubang-lubang pada papan, saya memberi tanda lingkaran merah. Sebenarnya sudah terlihat ada port power dan USB yang menghadap ke depan. Anda bisa melihat urutan gambar dibawah ini untuk pemasangan papan USRP.












Memasang RFX-1800

Lagi-lagi memasang RFX-1800 dengan USRP juga sudah sesuai jodohnya. Di papan USRP ada slot tertulis angka 1 (pin 1) anda sesuaikan angka 1 (pin 1) di USRP dan RFX-1800. Tentunya pasti posisinya setelah terpasang simetris dengan lubang-lubang yang ada.









Memasang Bulkhead Cable

Berhubung ada 2 buah RFX-1800 maka Bulkhead Cable dipasang 1 sebagai RX dan lainnya adalah sebagai TX. Menurut Somat nanti yang akan mengatur RX dan TX adalah OpenBTS-nya.









Memasang Kipas

Jangan barang ini kecil tapi bermanfaat. Memasang kipas tentunya tidak sesulit yang lainnya. Tapi tidak ada bedanya yaitu sudah ditentukan jodohnya.








Saya pikir 4 hal diatas sudah cukup tinggal saatnya memulai melakukan installasi aplikasi pendukung OpenBTS. Untuk pertama kali GNU Radio harus terinstall dan ini sudah saya tulis sebelumnya.

Location : Jalan Wonosobo - Banjarnegara, Selomerto,

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad