26 May 2012

Installasi Driver Realtek HD Audio

Saya pikir install driver di MS Windows lebih mudah karena tinggal klik sana dan klik sini. Dugaan saya salah. Setelah 4 jam akhirnya menemukan caranya. Saya mencoba mencari dengan kata kunci Location 65535 (Internal High Definition Audio Bus), Realtek HD No Sound, Aspire 4920 No Sound, Install Realtek HD Audio Driver Failure bahkan install driver dari DVD dari Aspire 4920 yang disertakan atau mengunduh dari situs resmi Acer atau situs-situs lain.

Terbiasa di Linux ketika menemukan masalah deteksi hardware dengan mudah menelusuri permasalahan dengan dmesg, lspci, atau lsusb. Hasilnya bisa kita cari di internet yang biasanya sudah tersebar. Pesan galat di MS Windows terkadang tidak mudah untuk ditelusuri. Dari sekian kata kunci yang saya masukkan, akhirnya ditemukan solusi yang sesuai.

Ceritanya Acer Aspire 4920 setelah terinstall MS Windows XP tidak mau bersuara. Menggunakan driver bawaannya pun tidak mau. Aneh. Sepertinya memang ada yang menghambat proses installasi driver. 7 langkah yang ditulis di http://www.asrizal.web.id/2011/02/mengatasi-realtek-hd-audio-driver.html menyelesaikan masalah saya. Saatnya tidur dan menyiapkan fisik untuk Workshop Pengenalan ClearOS.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad