12 July 2012

Peta Luring menggunakan GMapCatcher

Saat sedang di luar jaringan atau luring kita bisa mengakses beberapa peta yang biasa diakses menggunakan peramban. Contohnya peta dari layanan Google Map. Sekarang saya bisa akses peta dari Google tanpa harus daring (dalam jaringan/online). Aplikasi yang saya gunakan adalah GMapCatcher. Menurut situs proyek GMapCatcher di Google Code aplikasi ini bisa berjalan dibeberapa sistem operasi seperti MS Windows, Mac OS dan Linux. Sepertinya untuk Mac OS Dan Linux harus compile terlebih dahulu. Namun untuk versi Ubuntu atau Debian bisa menggunakan versi yang sedikit lama yaitu versi 0.7.5.0. Versi terbaru adalah 0.7.7.2.

Install GMapCatcher
Walaupun versi lebih lama, GMapCatcher yang saya install di Linux Mint 13 tidak mengalami masalah. Unduh terlebih dahulu GMapCatcher dari http://code.google.com/p/gmapcatcher/downloads/list. Kemudian install GMapCatcher,  sudo dpkg -i mapcatcher_0.7.5.0-1_all.deb. Jika muncul galat anda bisa ketikan sudo apt-get install -f. Dengan catatan anda harus terkoneksi internet. Kalau saya tidak mendapatkan galat saat proses installasi.

Unduh Peta
GMapCatcher tidak menyertakan peta. Anda harus unduh sendiri peta yang anda inginkan. Peta yang bisa Anda unduh, Google Map, Yahoo Map, Virtual Earth, OpenStreetMap, CloudMade, OpenCycleMap, dan InformationFreeWay. Kebutuhan saya saat ini adalah mengunduh peta Yogyakarta. Ada 3 hal yang harus saya perhatikan Center, Area dan Zoom. Dalam studi kasus saya untuk Center, Latitude : -7 dan Longtitude : 110, untuk Area baik Weight dan Height saya isi 40 km dan yang terakhir adalah Zoom, min: -2 dan max: 16. Peta yang saya pilih adalah Google Map. Jika 3 hal tadi sudah terisi selanjutnya Anda klik Download dan menunggu cukup lama. Untuk mengunduh peta laptop, saya masukkan kedalam daftar "rawat inap" di kantor.

Setelah selesai mengunduh peta, hasilnya bisa Anda lihat kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Sekedar tips, untuk mengunduh peta Anda harus bersabar.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad