11 December 2012

Memecah atau Menggabungkan Berkas PDF

Ternyata saya menemukan aplikasi untuk memecah atau menggabungkan berkas PDF dengan modus grafis. Sebelumnya saya menulis tentang aplikasi memecah berkas PDF melalui perintah teks. Bahkan Tulisan serupa juga pernah ditulis oleh go2n yang dapat dibaca melalui blognya,  http://bintang1992.wordpress.com/2012/11/06/manipulasi-dokumen-pdf-dengan-ghostscript/. Aplikasi yang saya maksud adalah pdfsam yang bisa diunduh di http://www.pdfsam.org.

Anda cukup klak-klik saja. Hasil ujicoba memecah berkas PDF sekitar 500 halaman tidak lebih dari 5 menit. Persyaratan untuk menjalankan aplikasi pdfsam Anda harus menginstall Java terlebih dahulu. Menurut situs resminya, pdfsam dirilis dalam dua versi. Pertama adalah versi basic, ini yang saya gunakan dan versi enhanced. Versi basic Anda tidak perlu membayar sedangkan untuk versi enhanced Anda dapat melakukan donasi minimal $1. Informasi lebih lanjut bisa dibaca di http://www.pdfsam.org/?page_id=42.

Saya pikir versi basic sudah sesuai dengan kebutuhan. Ada 6 langkah yang harus Anda perhatikan saat menggunakan fitur split (memecah) aplikasi pdfsam :
1. Tambahkan berkas PDF.
2. Pilih jenis memecah berkas.
3. Tentukan direktori hasil memecah berkas.
4. Pilih versi PDF yang akan digunakan.
5. Tentukan sisipan nama berkas PDF yang Anda inginkan.
6. Jalankan dan menunggu beberapa saat, selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad