31 January 2013

Single User, Atasi Lupa Password

Tadi malam (30/01) saya dapat pasien setia sejak 2006, Toshiba Portege yang ter-install Linux Mint 13. Masalahnya adalah tidak bisa terhubung ke jaringan nirkabel hasil Tethering dari ponsel Android. Diagnosa awal adalah penggerak atau driver-nya yang belum berfungsi dengan baik. Ternyata diagnosanya salah, hal ini setelah di ujicoba dengan perintah ifconfig -a dan diperiksa menggunakan hardware management tidak ada kendala.

Dicoba dengan USB tethering lancar hanya kendalanya saat membuka peramban Firefox terjadi kegagalan. Ternyata hard disk sudah penuh. Langkahnya tentunya adalah menghapus berkas-berkas tidak jelas termasuk berkas yang mempunyai otoritas khusus. Untuk masuk ke berkas atau direktori yang mempunyai otoritas khusus membutuhkan hak sebagai administrator. Celakanya adalah saya lupa password, pemiliknya juga lupa. Akhir dicoba segala cara dan akhir ditemukan juga hasil tanya sana-sini dibantu +laksono adi.

Cara yang biasa saya sebut sebagai Single User adalah cara terampuh untuk masuk ke dalam Linux yang mempunyai kendala lupa password. Sebelumnya telah melakukan berbagai cara termasuk memberi tanda single atau 1 atau rw  bahkan masuk ke Recovery Mode. Semua cara gagal. Cara terakhir berhasil, ada pun caranya sebagai berikut :
1. Reboot komputer.
2. Ketika muncul GRUB tekan huruf E.
3. Pada bagian baris yang terdapat  vmlinuz tambahkan baris rw dan init=/bin/bash. Jika ada tulisan ro ganti saja dengan rw.
4. Tekan F10 untuk reboot.
5. Silakan ganti/aktifkan password root Anda dan mainkan ide-ide Anda.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad