06 September 2013

Install SDK LeapMotion di LinuxMint15

Beberapa hari lalu saya disenggol  oleh +Digit Oktavianto tentang perangkat yang baru saja datang. Perangkat yang saya duga sebuah komputer mini semacam Beagleboard ternyata sebuah kamera mirip seperti Kinect atau Asus Xtion. Perangkat tersebut namanya LeapMotion.

Sayang saat ini secara resmi LeapMotion baru mendukung Windows 7, Windows 8 dan Mac OS X. Walaupun saya ada sistem operasi Mac OS X namun lebih sering menggunakan Linux dalam hal ini LinuxMint. Tapi pada dasarnya saya tertarik memiliki hanya belum punya proyeksi keinginan setelah memiliki LeapMotion jadi keinginan ini saya tunda dulu.

Setelah mencoba jalan-jalan saya menemukan sebuah tautan yang memungkinkan LeapMotion di Install di Linux. Ternyata tautan ini resmi dari LeapMotion, https://developer.leapmotion.com. Sebelum mengunduh harus mendaftar terlebih dahulu sebagai developer. Pada laman https://developer.leapmotion.com/downloads Anda dapat mengunduh SDK dari LeapMotion untuk Linux.

Langkah selanjutnya ekstrak SDK LeapMotion,  tar xvf DeveloperSdk_LM_0.8.0.5300_Linux.gz. Masuk ke direktori Leap_Developer_Kit_0.8.0_5300_Linux, cd Leap_Developer_Kit_0.8.0_5300_Linux. Ternyata yang disediakan paket berbasis .deb jadi untuk LinuxMint yang menganut sistem Debian cukup ketik sudo dpkg -i Leap-0.8.0-x64.deb (saya menggunakan 64Bit) atau menyesuaikan arsitektur CPU Anda.

Lebih lanjut tentang LeapMotion dapat langsung dilihat di situs web https://www.leapmotion.com/ atau video dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad