16 October 2013

National Cyber Security Workshop 2013

Beberapa waktu lalu saya mendapat kesempatan untuk mengikuti National Cyber Security Workshop 2013 (NCSW 2013) di Hotel Sheraton. Ada 4 topik yang ditawarkan dalam 2 hari. Per hari yang disampaikan 2 topik. Topik hari pertama adalah Combating Malware dengan narasumber +Adi Nugroho sedangkan topik hari kedua saya memilih Mobile Security yang dipandu oleh Gildas Deograt Lumy.

Combating Malware
Berhubung sudah agak lama dan catatan saya hilang maka agak lupa materi yang disampaikan. Seingat saya alat bantu yang digunakan adalah Kali Linux atau distribusi Linux lainnya. Saya sendiri tetap menggunakan LinuxMint dalam mengikuti topik hari pertama.

Praktik awal menggunakan alat bantu clonning USB. Saya menggunakan dc3dd, ini pernah saya coba beberapa waktu lalu. Image yang dihasilkan dari dc3dd kemudian dianalisa. Alat bantu untuk menganalisa menggunakan foremost dan testdisk untuk mengembalikan data yang sudah terhapus. Alat bantu forensik lainnya menggunakan autopsy. Di akhir acara mencoba studi kasus dengan menganalisa malware.

Di LinuxMint saya bermodalkan apt-get untuk mengunduh alat bantu pendukung.
sudo apt-get install dc3dd testdisk foremost autopsy
Mobile Security
Di hari kedua ini saya merupakan 1 dari sekian peserta yang menggunakan Linux, lainnya MS Windows dan Mac OS X. Alat bantu yang digunakan di hari kedua bisa berjalan diberbagai sistem operasi seperti, MS Windows, Mac OS X, Linux dan Android.

Untuk di MS Windows ditekankan menggunakan PortableApps. Materi yang disampaikan kurang lebih seperti:
- Penyimpanan aman menggunakan TrueCrypt
- Pengelolaan password menggunakan Keepass
- Percakapan aman menggunakan Pidgin dengan plugin OTR (off-the-record) dan Gibberbot di Android
- Pengiriman surel aman menggunakan Thunderbird, Enigmail dan GPG

Materi ini juga sudah saya terapkan dan saya sampaikan ulang sebagian di Jogja Open Source Conference 2013.


No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad