24 March 2014

Manajemen Investigasi Tindak Kriminal

Perkulihan semester 2 diawali dengan mata kuliah Manajemen Investigasi Tindak Kriminal (MITK) dengan topik keilmuan Forensika Digital. Mata kuliah ini akan menarik karena diampu oleh 3 dosen yang memiliki pengalaman forensik digital, kepolisian dan dokter spesialis forensik medis, seperti Yudi Prayudi, S.Si., M.Kom., AKBP Bakti Andriono, M.Kom. dan dr. Handayani Dwi Utami, M.Sc., Sp.F.

Diskusi awal dengan pak Yudi membahas ruang lingkup forensik digital seperti yang tercatat di http://catatanforensikadigital.wordpress.com/2013/11/17/lingkup-forensika-digital/. Selain perkuliahan ada diskusi tentang novel dan film yang ada hubungannya dengan forensik. 2 hari kuliah memang banyak pengantar yang menyarankan untuk melihat film berhubungan forensik.

Selain kuliah diharapkan mahasiswa aktif di komunitas yang berhubungan dengan forensik digital. Grup Facebook yang disarankan adalah Indonesia Digital Forensic Community yang beralamat di https://www.facebook.com/groups/id.forensic/.

Dari sesi perkuliahan saya sedikit menyimpulkan ada beberapa alat bantu yang perlu dipelajari diawal kuliah ini seperti dd, AFLogical OSE, Sleuthkit dan Autopsy. Selain alat bantu tersebut sepertinya saya harus sering berkunjung ke DBLP dan mainan Mendeley.
Barang Bukti dan Alat Bantu sudah terkumpul, siap mengolah untuk tugas minggu ini :)


No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad