20 February 2015

Waspada Penipuan Mengatasnamakan Kartu Diskon

Sekitar pukul 13.40 hari Selasa, 17 Februari 2015 saya menerima telepon dari 021-83789637. Seingat saya yang menelpon saya seorang laki-laki mengaku bernama Candra dari Phoenix Enterprise. Tata bahasanya cukup bagus menjelaskan informasi terkait kartu kredit baik VISA ataupun MasterCard. 

Candra menawarkan kartu diskon dan saya 1 dari 56 orang yang beruntung di Yogyakarta mendapatkan ponsel Cyrus. Terlihat dari gaya bahasa saya tertarik untuk mendapatkannya Candra mulai memancing alamat pengiriman. Ketika saya tanya terkait administrasi, Candra menyatakan untuk mendapatkan ponsel Cyrus tersebut dan kartu diskon harus membayar sekitar Rp. 3.150.000 untuk 10 tahun penggunaan diskon. Cukup membayar diawal saja.

Kembali saya tanyakan, jika ingin memberikan saya hadiah kenapa ada uang yang harus saya keluarkan. Jawabanya silakan menanyakan ke pihak bank. Tinggal otot-ototan pendapat yang intinya saya tidak akan mengeluarkan biaya sedikit pun terkait hadiah. Akhirnya di menit ke-7 Candra langsung menutup telepon.

Dugaan saya ini merupakan penipuan mengatasnamakan pemberian kartu diskon dan hadiah ponsel. Saat saya ditelpon sebenarnya saya sembari membuka internet dan menemukan alamat https://ceritagajahkecil.wordpress.com/2012/03/24/penipuan-kartu-diskon-pada-credit-card-visa/. Dari alamat inilah yang menjadi referensi saya bahwa modus menawarkan kartu diskon abal-abal merupakan penipuan.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad