03 October 2009

Samsat Jawa Tengah sudah On-Line

Informasi ini mungkin bagi sebagian orang tidak menarik. Karena yang disampaikan adalah informasi yang sudah lama terjadi. Tidak masalah toh pengalaman saya pribadi. Kemarini saya mencoba untuk memperpanjang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Pembantu di Prambanan. Berhubung SAMSAT provinsi Jawa Tengah sudah On-Line memudahkan warga Jawa Tengah yang tinggal sementara di Jogja untuk mengurus perpanjangan STNK. Salah satunya saya.

Atas nama motor kebetulan adalah ibu saya jadi harus ada surat kuasa. Prosedur pertama kali adalah memfoto kopi berkas-berkas diantaranya BPKP, STNK, KTP pemberi kuasa, KTP penerima kuasa. Dari loket foto kopi saya harus mengeluarkan biaya Rp. 12.000 termasuk surat kuasa bermaterai RP. 3.000. Selanjutnya saya harus melewati 2 loket lagi salah satunya loket cek fisik. Masing-masing loket dikenakan biaya Rp. 5.000.

Tahap selanjutnya ke loket 1 dengan menyebutkan on-line tanpa diberi kartu antrian jadi hanya menunggu panggilan dari kasir. Di loket 1 saya hanya menunjukkan BPKB asli. Dalam penantian dipanggil dari loket kasir saya melihat ada suatu sistem informasi status layanan. Sistem ini merupakan display dari proses layanan yang ada dalam SAMSAT. Dengan adanya sistem ini terlihat bahwa kendaraan kita sudah terproses berdasarkan alur loket.
Akhirnya dipanggil juga total yang harus saya bayar pada loket kasir sebesar Rp. 171.000. Terakhir tinggal 1 loket untuk pengambilan pengesahan STNK. Selesai sudah perjalanan saya mengurus STNK di SAMSAT Pembantu di Prambanan. Berhubung plastik pembukus STNK sdh rusak saya beli dengan harga Rp. 1.000. Total biaya yang saya keluarkan Rp. 194.000 belum termasuk biaya transportasi. Jika biaya transportasi dimasukkan jadi sekitar Rp. 204.000. Waktu memproses perpanjangan STNK kurang dari 1 jam dengan kondisi hari sabtu siang sekitar jam 10.00.

Jika saya harus pulang ke Wonosobo akan memerlukan biaya yang lebih besar pastinya. Dengan adanya SAMSAT Pembantu di Prambanan sangat membantu warga Jawa Tengah yang tinggal sementara di Jogja. Tentunya ini didukung oleh teknologi informasi yang berkembang saat ini. Semoga provinsi lain dapat mencontoh Jawa Tengah. Setahu saya Jogja belum on-line :p Bahkan SAMSAT Pembantu di Prambanan ini sudah tersertifikasi oleh Bureau Veritas.

7 comments:

  1. itu samsat prambanan alamatnya dimana mas?
    itu pajak tiap motor sama? kira2 kalo jupiter berapa ya? *baru pertama kali*

    ReplyDelete
  2. @hapsari :
    alamatnya setelah perempatan Prambanan masih lurus setelah itu ada perempatan belok kiri.
    masalah pajak tiap motor saya kurang tahu, kebetulan ini Supra X.

    ReplyDelete
  3. jika di jawa timur bisa mbayar nggak ya motorku rembang

    ReplyDelete
  4. @sutrisno :
    seluruh jateng sudah on-line kok, jadi pengurusan dan pembayaran di jateng.
    misal motor anda plat rembang, kemudian anda tinggal di ngawi. anda bisa mengurus di Sragen.

    ReplyDelete
  5. pk mau tanya letak nomer mesin honda civic wonder 86 mohon pencerahanya bls ke email sya gondysetiawan@yahoo.co.id

    ReplyDelete