25 May 2010

yEd, Diagram Editor yang Powerful

Aplikasi untuk menggambar diagram yang cukup terkenal adalah Microsoft Visio. Namun Microsoft Visio bukanlah aplikasi yang tergolong mudah didapat dan murah. Biasanya para pengguna Linux menggunakan aplikasi DIA. Termasuk saya yang juga memanfaatkan DIA untuk menggambar diagram.

Walaupun beberapa diagram tampak tidak menarik, saya tetap bertahan menggunakan DIA. Saya punya keyakinan bahwa suatu saat nanti pasti akan ada aplikasi yang bagus. Ternyata betul. Saat ini sudah tersedia aplikasi untuk menggambar diagram yang cukup bagus. Aplikasi tersebut namanya yEd, suatu aplikasi diagram editor buatan yWorks GmbH. yEd berbasis Java jadi memerlukan Java Runtime Environment.

yEd dapat diunduh pada http://www.yworks.com/en/products_yed_download.html. yEd telah mendukung 3 sistem operasi yaitu, MS Windows, Mac OS, dan Linux. Dalam halaman unduh terdapat 4 bekas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Tentunya saya memilih yang dapat berjalan pada sistem operasi Linux. Setelah selesai mengunduh berkas yEd-3.5.0.1.download, saya merubah berkas tersebut menjadi yEd-3.5.0.1.sh. Berkas installasi tersebut dirubah terlebih dahulu hak aksesnya supaya dapat dieksekusi, chmod +x yEd-3.5.0.1.sh. Memulai installasi dengan mengetikan ./yEd-3.5.0.1.sh. Proses installasi berbasis grafis, anda tidak perlu khawatir. Cukup klik "next dan next". :p

Database simbol atau diagram pada yEd masih terbatas. Terutama saya membutuhkan untuk menggambar topologi jaringan. Untungnya pihak Cisco meberikan sumber simbol dari perangkat Cisco, seperti Router, Switch, Router Access Point, dll. Saran saya sebaiknya anda mengunduh yang vektor dengan format SVG. Simbol-simbol tersebut dapat anda dapatkan di http://www.cisco.com/web/about/ac50/ac47/2.html.

Untuk menggunakan simbol-simbol dari Cisco, ekstraklah berkas yang telah diunduh. Klik File > Import Symbols > Blok semua berkas SVG > Open. Tunggu beberapa saat simbol-simbol dari perangkat Cisco akan ter-import.

Menurut saya aplikasi yEd ini cukup berat dijalankan di HP Mininote 2140. Jika anda pengguna Netbook sebaiknya lebih bersabar diri dalam menjalankan yEd. Walaupun lambat saya masih bisa menggambar topologi jaringan sederhana.

Sebenarnya ini hasil diskusi Komunitas Ubuntu Jogja. :)

4 comments:

  1. lha... iki sing tak goleki... nganggo DIA rodo pegel aku mas...

    ReplyDelete
  2. hmm...boleh dicoba nih kayaknya *soalnya kemaren2 sy pakenya OoDrawing* :rofl:

    ReplyDelete