Skip to main content

yEd, Diagram Editor yang Powerful

Aplikasi untuk menggambar diagram yang cukup terkenal adalah Microsoft Visio. Namun Microsoft Visio bukanlah aplikasi yang tergolong mudah didapat dan murah. Biasanya para pengguna Linux menggunakan aplikasi DIA. Termasuk saya yang juga memanfaatkan DIA untuk menggambar diagram.

Walaupun beberapa diagram tampak tidak menarik, saya tetap bertahan menggunakan DIA. Saya punya keyakinan bahwa suatu saat nanti pasti akan ada aplikasi yang bagus. Ternyata betul. Saat ini sudah tersedia aplikasi untuk menggambar diagram yang cukup bagus. Aplikasi tersebut namanya yEd, suatu aplikasi diagram editor buatan yWorks GmbH. yEd berbasis Java jadi memerlukan Java Runtime Environment.

yEd dapat diunduh pada http://www.yworks.com/en/products_yed_download.html. yEd telah mendukung 3 sistem operasi yaitu, MS Windows, Mac OS, dan Linux. Dalam halaman unduh terdapat 4 bekas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Tentunya saya memilih yang dapat berjalan pada sistem operasi Linux. Setelah selesai mengunduh berkas yEd-3.5.0.1.download, saya merubah berkas tersebut menjadi yEd-3.5.0.1.sh. Berkas installasi tersebut dirubah terlebih dahulu hak aksesnya supaya dapat dieksekusi, chmod +x yEd-3.5.0.1.sh. Memulai installasi dengan mengetikan ./yEd-3.5.0.1.sh. Proses installasi berbasis grafis, anda tidak perlu khawatir. Cukup klik "next dan next". :p

Database simbol atau diagram pada yEd masih terbatas. Terutama saya membutuhkan untuk menggambar topologi jaringan. Untungnya pihak Cisco meberikan sumber simbol dari perangkat Cisco, seperti Router, Switch, Router Access Point, dll. Saran saya sebaiknya anda mengunduh yang vektor dengan format SVG. Simbol-simbol tersebut dapat anda dapatkan di http://www.cisco.com/web/about/ac50/ac47/2.html.

Untuk menggunakan simbol-simbol dari Cisco, ekstraklah berkas yang telah diunduh. Klik File > Import Symbols > Blok semua berkas SVG > Open. Tunggu beberapa saat simbol-simbol dari perangkat Cisco akan ter-import.

Menurut saya aplikasi yEd ini cukup berat dijalankan di HP Mininote 2140. Jika anda pengguna Netbook sebaiknya lebih bersabar diri dalam menjalankan yEd. Walaupun lambat saya masih bisa menggambar topologi jaringan sederhana.

Sebenarnya ini hasil diskusi Komunitas Ubuntu Jogja. :)

Comments

  1. lha... iki sing tak goleki... nganggo DIA rodo pegel aku mas...

    ReplyDelete
  2. hmm...boleh dicoba nih kayaknya *soalnya kemaren2 sy pakenya OoDrawing* :rofl:

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mencairkan Mandiri Tabungan Rencana melalui Internet Banking

Barangkali prosedur pencairan Mandiri Tabungan Rencana atau biasa disebut TRM berubah lagi. Maka saya ingin mencatat saja. Dari tahun lalu (2011) Bank Mandiri menambahkan fitur pencairan TRM melalui Internet Banking. Berhubung TRM baru saja jatuh tempo maka akan saya coba prosedur mencairkan TRM melalui Internet Banking atau istilahnya membatalkan. Berikut langkah mencairkan TRM melalui Internet Banking : 1. Buka Internet Banking Bank Mandiri dan masuk,  https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=in_ID 2. Klik Informasi Rekening dan pilih Mandiri Tabungan Rencana 3. Pilih Rekening dari Mandiri Tabungan Rencana yang sudah jatuh tempo 4. Pada kolom Update pilih Batalkan 5. Masukkan Certificate Prefix dan Cerificate Number yang terdapat dalam sertifikat TRM dibagian kanan atas. Untuk Prefix terdiri dari 2 huruf kapital dan dan Number terdiri dari 6 angka. Selanjutnya klik Lanjutkan. 6. Masukan prosedur Internet Banking Bank Mandiri yang

Ditelepon oleh Google

Beberapa kali saya ditelepon oleh mesin buatan Google ketika akan mengelola Google Apps . Dari sekian telepon yang saya ingat Google menggunakan beberapa nomor. Pertama kali menggunakan nomor telepon seluler. Seingat saya menggunakan operator di Indonesia. Yang kedua sudah lebih terkesan luar negeri karena menggunakan kode +44. Terakhir tanggal 19 Juli 2012 jam 16.16 saya ditelepon oleh Google dengan nomor  +62210000007 . Jika +62 diganti 0 maka yang menelepon saya dari nomor  021- 000-000-7 . Saya tidak paham bagaimana pihak Google bisa me- masking nomor menjadi nomor    021- 000-000-7. Tapi keren!!!

Menutup Rekening Bank Permata

Mulai tanggal 23 Desember 2008 saya sudah menutup rekening di Bank Permata . Saya menggunakan Bank Permata sebagai payroll dari PT Trikomsel Multimedia . Sejak saya pindah ke Jogja sudah tidak efektif rekening tersebut. Payroll saya pindah ke Bank Mandiri . Untung sudah mempunyai rekening Bank Mandiri sejak tahun 2001. Beberapa alasan saya menutup rekening Bank Permata : - Tidak lagi sebagai payroll lagi. - Tidak ada transaksi yang berarti lagi. - E-Banking-nya tidak bisa di buka di Firefox karena menggunakan ActiveX. Daripada tiap bulan saya terkena biaya administrasi akhir diputuskan untuk ditutup. Mungkin kalau masih bisa dibuka di Firefox saya bisa mempertimbangkan untuk menutupnya. Bank Permata yang masih 1 group dengan Astra tentunya masih menggunakan kebijakan yang berbasis Microsoft . Proses untuk menutup saya cukup mengambil uang yang disisakan sekitar Rp. 100.000. Saya membuka rekening di Bank Permata cabang pembantu Jln. Abdul Muis Jakarta Pusat. Menurut CS-nya unt