07 April 2007

Buku-ku Sold Out???

Waktu kemarin (http://milisdad.blogspot.com/2007/03/taksaka-bima.html), saya di Jogja menyempatkan diri untuk mampir ke Toko Buku Toga Mas. Kebetulan sebelum pulang ke Jakarta saya butuh bacaan dan mencari buku openoffice untuk adik saya. Iseng-iseng saya mencari buku yang pernah saya tulis(http://infolinux.web.id/sections.php?op=listarticles&secid=78). Ternyata di katalog sudah habis. Buku yang berjudul "Linux Networking dan Internet untuk Pemula" saya tulis pertengahan tahun 2005 dan terbit sekitar awal tahun 2006. Pada pertengahan tahun 2006 saya sempat mencari buku tersebut di Gramedia Amplaz Jogja juga gak ada.
Namun sempet saya melihat buku tersebut terpampang di toko buku. Setelah saya keluar dari Toga Mas pertanyaan muncul apakah "Buku saya terjual habis?" Yaa syukurlah kalo ternyata banyak yang berminat. Namun beberapa review teman saya yang buta akan Internet sempat bingung membaca kosakata-kosakata yang saya tulis.
Buku "Linux Networking dan Internet untuk Pemula" ini hasil kerjasama saya dengan Pak Rusmanto dari Infolinux. Beliau selalu membimbing saya dan semangati saya untuk selalu menulis. Untuk mengingat kembali rangkuman dari buku tersebut sebagai berikut :
Buku ini terdiri atas dua bagian sesuai dengan tujuan penggunaannya. Bagian pertama berisi tujuh bab yang menjelaskan berbagai aplikasi di Linux untuk pengguna Internet.

Bab satu mengenalkan Anda tentang Internet, Linux, dan hubungan antara Internet dan Linux.

Bab dua menjelaskan penggunaan Linux untuk mengakses informasi dan aplikasi berbasis web di Internet.

Bab tiga menjelaskan penggunaan e-mail client, yaitu program untuk mendownload, membaca, menjawab, meneruskan, atau menulis e-mail.

Bab empat menjelaskan penggunaan program untuk chatting dan instant messenger.

Bab lima membahas program untuk transfer file (ftp dan scp), dan program untuk mengakses komputer dari jauh melalui jaringan (ssh). Bab enam menjelaskan program khusus untuk download file dari Internet secara cepat.

Bab tujuh membahas program-program pendukung untuk bekerja melalui jaringan, misalnya untuk mengakses multimedia, dokumen teks, spreadsheet, presentasi, gambar, dan PDF.

Bagian kedua berisi tiga bab yang menjelaskan cara konfigurasi Linux agar dapat digunakan untuk mengakses jaringan dan Internet, termasuk pembahasan Linux live-CD Ubuntu.

Bab delapan memberikan pengantar kepada Anda tentang protokol atau aturan jaringan Internet dan menjelaskan cara setup jaringan TCP/IP di Linux.

Bab sembilan menjelaskan cara konfigurasi modem dial-up eksternal dan internal, modem handphone GPRS GSM, dan modem CDMA untuk koneksi ke Internet.

Bab sepuluh menjelaskan cara menjalankan Linux live-CD Ubuntu untuk mengakses jaringan lokal dan Internet, cara menyimpan file ke hard disk dan usb/flash disk, dan cara memotong partisi hard disk.

Target Pembaca:
Pengguna pemula Linux yang ingin mengakses jaringan komputer dan Internet.
Pengguna komputer di kantor dan rumah yang sedang migrasi dari Windows ke Linux.
Pelajar, mahasiswa, dan profesional TI yang sedang belajar jaringan komputer di Linux.

Skill yang diperoleh:
Setelah membaca dan mencoba petunjuk dalam buku ini, pembaca akan mendapatkan ketrampilan penggunaan Linux untuk:
Mengakses web, email, chatting, messenger, transfer file, dan multimedia di Internet.
Mengakses file sharing di jaringan Windows.
Mengonfigurasi jaringan lokal ethernet.
Menyambung ke Internet melalui modem dial-up, GPRS, dan CDMA.

On the CD:
Distro Live-CD Ubuntu 5.10 dengan desktop GNOME 2.12, yang dilengkapi beragam aplikasi jaringan, office, dan multimedia. Beberapa aplikasi jaringan antara lain web browser Mozilla Firefox, email client Evolution, Gaim untuk Yahoo Messenger, GNOME BitTorrent untuk download file besar, Gnomemeeting untuk NetMeeting, Xchat IRC untuk chatting, file sharing dengan SSH, FTP, dan Samba untuk koneksi dengan jaringan Windows. Aplikasi office dengan OpenOffice.org. Aplikasi multimedia antara lain Totem VCD/DVD player, Rhythmbox music player, dan Gnome-CD player.


Saya ucapkan terimakasih atas semua pihak yang telah mendukung penulisan buku ini. Semoga tahun ini saya bisa memulai menulis kembali.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad