01 July 2009

IVAA Open House#2

IVAA mengundang rekan-rekan untuk menghadiri acara *IVAA OPEN HOUSE #2* yang diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Kamis, 2 Juli 2009
Waktu : pukul 19.00 WIB - selesai
Tempat : IVAA, Jalan Patehan Tengah no 37, Yogyakarta

Acara :
- Presentasi dan preview Pusat Informasi Digital IVAA (19.00 WIB)
- Makan Malam
- Featuring Guest Performance: Performance and Talk "Oleh-Oleh Ria dari Korea", oleh Maria tri Sulistyani Pappermoon Puppet Theatre (20.00)

Tentang Pusat Informasi Digital IVAA (On Site & Online)
Indonesian Visual Art Archive (IVAA) adalah sebuah lembaga nirlaba berbasis di Yogyakarta yang didirikan tahun 1995, awalnya dengan nama Yayasan Seni Cemeti (sampai April 2007). Bidang utama kami adalah dokumentasi, riset, perpustakaan serta penyelenggaraan program edukasi dan eksplorasi seni visual. Dengan ini IVAA juga berfungsi sebagai sebuah think-tank atau laboratorium kreatif untuk menggagas berbagai pemikiran serta kegiatan yang mendukung perkembangan seni visual dan budaya kontemporer, baik secara praktek mau pun wacana.

Sejak 2008, IVAA membangun Pusat Informasi Digital IVAA, yang menampung seluruh koleksi arsip IVAA dalam format digital. Tujuan utamanya adalah untuk preservasi data tersebut, menyimpannya ke jaringan online, membuat sistem baru klasifikasi data IVAA serta meningkatkan kemudahan aksesibilitas dan pemanfaatan data IVAA bagi publik. Salah satu program yang sedang dibangun adalah IVAA Online Archive, yaitu Arsip Online IVAA yang menampung seluruh koleksi dokumentasi IVAA di jaringan internet. Tahap I pembangunan Arsip Online ini akan di-launching bulan Agustus 2009 di Jakarta.

Selain itu, sejak April 2009, sebagai bagian dari kerjasama IVAA dengan Engagemedia.org, Combine Resource Institute, Yayasan Kampung Halaman dan ruangrupa, IVAA mengimplementasikan sistem baru yaitu mengaplikasikan local server untuk pusat storage data digital di database IVAA Library-Data Center. Dengan fasilitas ini, pengunjung perpustakaan IVAA sekarang dapat mengakses Arsip digital, menonton koleksi audio-visual IVAA dan menelusuri katalog perpustakaan secara langsung dari laptop pribadi atau dari komputer publik yang disediakan di ruang perpustakaan.

Mulai tahun 2009 juga, IVAA-Library & Data Center merubah sistem keanggotaan dari per tahun menjadi seumur hidup.

Pendaftaran dapat dilakukan via email ke library@ivaa-online.org tanpa memerlukan kunjungan langsung ke perpustakaan IVAA. Anda juga tidak memerlukan kartu anggota karena secara otomatis akan terdaftar dalam IVAA Online Library Catalog.

Sumber : Invitasi Email :)

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad