13 January 2010

Membuat Berkas PDF yang Aman


Suatu saat saya pernah mendapatkan berkas PDF yang tidak bisa disunting, tidak bisa dicetak dan tidak bisa di-co-pas (copy-paste). Saya pikir yang mengumpulkan berkas PDF sangat kreatif dengan tujuan tidak mudah dikutip oleh pihak yang tidak berhak. Dalam benak saya berkas PDF tersebut dibuat menggunakan aplikasi PDF Creator yang berbayar jika tidak membayar kemungkinan membajak. :p

Aahh...kalau membajak jadi tidak spesial bagi saya. Tadi siang kebetulan ada kebutuhan membuat berkas PDF yang aman. Saya hanya mempunyai PDF Creator yang terdapat dalam OpenOffice. Sempat utak-atik sana sini tapi tidak menghasilkan berkas PDF yang aman. Saya membuka berkas PDF menggunakan Evince, PDF Viewer bawaan Jolicloud. Saya bersama Dhani terus mencoba berkas tersebut supaya menjadi PDF yang aman.

Kemudian dicoba berkas PDF yang tadi dibuat dibuka menggunakan PDF Acrobat Reader, alhasil saya mendapatkan berkas yang aman. Hore....Buktinya bahwa berkas PDF yang dibuat aman ada label SECURED, seperti gambar dibawah ini.



Cara membuat berkas PDF berlabel SECURED, menggunakan OpenOffice sebagai berikut :
1. Klik File | Export as PDF |pilih Tab Security
2. Klik Restricted permissions | Set permission password


3. Masukkan password kemudian klik OK


4. Pilih hak aksesnya, jika seperti pada gambar dibawah ini maka akan menghasilkan berkas PDF yang tidak bisa disunting, tidak bisa dicetak dan tidak bisa di-co-pas (copy-paste).



Luar biasa OpenOffice sudah bisa membuat berkas PDF yang aman. Tidak perlu membajak atau mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi PDF Creator. Tunggu apalagi...sudah saatnya anda beralih ke OpenOffice. Saya menggunakan OpenOffice v3.0. Contoh berkas PDF yang aman dapat diunduh disini.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad