06 May 2010

Grsync, Backup Datamu

Backup...Backup...Backup!!! Betul kita harus melakukan backup data. Untuk melakukan proses backup alangkah baiknya anda mempunyai media penyimpan lain selain yang terdapat didalam komputer/notebook anda. Dengan kata lain anda harus mempunyai Hard Disk eksternal. Data yang ada di komputer/notebook sebaiknya di-backup ke Hard Disk secara periodik. Paling tidak 1 bulan 2 kali.

Saya pernah bermasalah karena lupa mem-backup. Kasusnya sewaktu netbook plat merah hilang. Saya lupa mem-backup padahal didalam terdapat data yang sangat up-to-date. Akhirnya mau tidak mau saya harus mengkompilasi kembali data-data yang tercecer. Backup beberapa waktu lalu masih ada jadi tidak begitu kesulitan. Tapi tetap saja mengalami kerepotan. Untung masih ada backup, jika tidak ada. Apa kata dunia?

Tools backup yang saya gunakan adalah Grsync yang merupakan tampilan grafis dari tools rsync. Installasi Grsync sangat mudah, ketik sudo apt-get install grsync. Cara menggunakan pun mudah cukup "klik dan klik". Adapaun cara penggunaan dasarnya sebagai berikut :
1. Setelah terinstall buka Grsync dari menu System Tools, tentukan sumber direktori yang akan di-backup.
2. Tentukan direktori tujuan backup.
3. Klik Execute.

4. Selanjutnya tunggu proses backup sampai selesai.


Tools sebagus ini tidak saya temukan disistem operasi lain. Mungkin saya kurang pengetahuan tentang tools backup disistem operasi selain Linux. Oleh sebab itu jika ada yang mengetahui tools backup seperti Grsync atau yang lebih bagus lagi, mohon saya diberitahu melalui kolom komentar. Namun lisensinya harus mendukung Free Open Source Software. Jangan lupa backup data anda!!!

4 comments:

  1. ono mas, biasane aku menggunakan:
    "rsync -P -u -r /direktori/awal/ /direktori/tujuan" ;)

    ReplyDelete
  2. restore nya bgmana gan?

    ReplyDelete
  3. Bang izin share yah.. di araruniq.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Punyaku ini :D

    #!/bin/bash
    rsync -rvu --exclude=rsync.sh * /media/ubuntu

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad