13 August 2010

FrateranOS 2011 Telah Rilis

Sistem operasi FrateranOS 2011 merupakan turunan dari BlankOn Ombilin yang didedikasikan untuk SMK Frateran Surabaya. FrateranOS 2011 diberi nama Meliana yang diambil dari guru fisika di SMK Frateran Surabaya. FrateranOS 2011 cukup menarik untuk diterapkan di sekolah karena dilengkapi dengan aplikasi manajemen sekolah Sisfokol. Berikut siaran pers FrateranOS 2011 :
Siaran Pers Dimulainya Proyek FrateranOS 2011 (nama kode : Meliana)

Jumat, 13 Agustus 2010
Lokasi : Internet

Bertepatan dengan HUT SMUK Frateran Surabaya (untuk selanjutnya disebut SMUK Frateran saja) yang ke-47 (13 Agustus). Saya selaku alumni SMUK Frateran angkatan 1997 mengumumkan dimulainya proyek FrateranOS 2011 dengan nama kode Meliana. Nama kode ini diambil dari nama salah seorang guru fisika mengajar di SMUK Frateran. FrateranOS 2011 ini diturunkan dari BlankOn 6.0 Ombilin (selanjutnya disebut BlankOn Ombilin) yang dirilis pada tanggal 5 Juli 2010 oleh Tim Pengembang Blankon dan YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia).

FrateranOS ini diturunkan menurut aturan Tatacara dan Pedoman Alih Merek nomor 3 dimana masih menggunakan repo / lumbung paket utama punya BlankOn dan mengganti semua branding / ciri khas BlankOn dengan Frateran. Tentu saja tiada gading yang tidak retak. Segala kelebihan dan kekurangan dari BlankOn Ombilin akan menjadi kelebihan dan kekurangan untuk FrateranOS 2011. Oleh karena itu FrateranOS 2011 akan tetap mempertahankan kelebihan BlankOn Ombilin dan memperbaiki semua kekurangan BlankOn Ombilin. Besar harapan saya selaku inisiator proyek FrateranOS 2011 untuk bisa memasukkan segala perbaikan yang saya kerjakan pada rilis Blankon 7.0 Pattimura, karena asal muasal FrateranOS tetap dari BlankOn.

Karena tujuan dari rilis FrateranOS untuk tujuan pendidikan (lengkap dengan aplikasi pendidikan) dan programming (lengkap dengan aplikasi programming berbasis Linux dan open source game engine terpilih) serta beberapa fitur multimedia (terpilih dan ada kemungkinan tidak sama dengan induknya BlankOn) sehingga rilis FrateranOS menggunakan media DVD. FrateranOS ini juga memuat beberapa aplikasi open source karya anak bangsa, misal bahasa pemrograman BAIK dan manajemen sekolah Sisfokol. Selain itu FrateranOS memuat aplikasi jual-beli sederhana berbasis web (PHP PointOfSale) sebagai fitur sampingan. Semua isi dari FrateranOS tetap menggunakan lisensi GPL (General Public Licence) sehingga bebas untuk dipakai dan disebarluaskan.

Untuk kedepannya dengan adanya FrateranOS ini diharapkan dapat membantu mengurangi angka pembajakan perangkat lunak (software) di Indonesia serta turut mendukung program pemerintah IGOS (Indonesia Go Open Source) serta surat keputusan MenPAN tentang penggunaan open source di lingkungan pemerintahan. Software open source itu bukan hal untuk dihindari dengan alasan-2 yang tidak masuk akal, misalnya : sulit, tidak kompatibel, tidak terbiasa dan sebagainya. Bahkan di sektor swasta baik perorangan maupun korporasi juga mulai menerapkan open source sebagai bentuk penghargaan terhadap UU HAKI no. 19 tahun 2002.

Harapan saya proyek ini juga turut melibatkan semua alumnus maupun pejalar SMUK Frateran.

Salam,

Setiajie Cahyadi

ijin menginformasikan siaran pers FrateranOS 2011

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad