06 October 2010

Setting DNS untuk XMPP

Jika mail server anda sudah menggunakan Zimbra, berbahagialah. Zimbra telah memaket aplikasi untuk chatting. Protokol yang digunakan adalah XMPP (eXtensible Messaging and Presence Protocol). Saya sudah mencoba mail server Zimbra ini bisa berkomunikasi dengan akun-akun XMPP lain seperti Gmail. Untuk konfigurasi awal tentunya anda harus membuka port 5222 dan 5269 pada firewall.

Selanjutnya anda cukup menambahkan 3 baris pada konfigurasi DNS anda:
im IN CNAME domainanda.com.
_xmpp-client._tcp.domainanda.com. 3600 IN SRV 5 0 5222 im.domainanda.com.
_xmpp-server._tcp.domainanda.com. 3600 IN SRV 5 0 5269 im.domainanda.com.

Jika anda menggunakan Webmin untuk konfigurasi server, pilih Service Address. Pada bagian Service Address pada kolom Service Name diisi xmpp-client atau xmpp-server, kolom Priority diisi 5, kolom Port diisi 5222 (client) atau 5269 (server), Protocol dipilih TCP, Time-to-Live diisi 3600, dan kolom Weight diiisi 0. Perlu diingat bahwa kolom Name dan Server harus diakhiri tanda titik (.).

Restart service dari DNS Server anda. Setelah berhasil proses restart layanan DNS, anda sudah bisa melakukan komunikasi dengan akun-akun XMPP lainnya. Dengan mengaktifkan layanan chatting ini, komunikasi anda terlihat lebih formal karena menggunakan nama domain resmi. Yaaa untuk akun Gmail (baca : @gmail.com) atau layanan XMPP lainnya bisa anda atur sendiri.

2 comments:

  1. Setelah itu blok port YM di firewall?? :D

    ReplyDelete
  2. @rotyu:
    ini untuk komunikasi yang lebih formal dikantor :)
    sudah punyah fasilitas kok masih pake fasilitas tetangga.

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad