01 May 2011

Ubuntu 11.04 di ThinkPad 0217-28A

Beberapa hari ini saya dibuat jengkel dengan ThinkPad 0217-28A. Notebook ini dibeli dengan lisensi DOS. Berhubung dengan lisensi DOS, pihak Lenovo tidak memberikan driver dalam bentuk CD. Untuk mendapatkan driver harus mengunduh pada situs web lenovo. Driver ini untuk sistem operasi Windows 7 yang akan saya install. Karena ketersediaan akses internet saya menunda mengunduh beberapa driver yang banyak tersebut.

Saya memutuskan untuk mencoba Ubuntu 11.04. Saat mencoba Ubuntu 11.04 belum rilis baru versi 11.04Beta2. Nekat saja saya coba Ubuntu 11.04Beta2 di ThinkPad 0217-28A. Betapa terkejutnya, hampir semua perangkat yang saya butuhkan bisa berfungsi dengan baik di Ubuntu 11.04Beta2. Saya tidak perlu install driver VGA dan Wireless. Sungguh luar biasa. Saya menginstall Windows 7 merasa kesulitan karena harus install "ini-itu". Benar-benar saya ini dimanjakan oleh Ubuntu. Perhatikan gambar dibawah ini, saya tidak perlu install driver wireless.

5 comments:

  1. berat nggak om unity (gnome standard) nya??
    punyaku koq berat yah, tapi setelah upgrade ke gnome3 malah lebih ringan...
    hihi... (mbuh iki)

    ReplyDelete
  2. @theVmedia :
    saat ini tidak terasa baik Unity maupun Ubuntu Classic, mungkin jika sudah menjalankan banyak aplikasi agak2 terasa. kebetulan ini memorynya 2GB.

    ReplyDelete
  3. kalo saya justru terbalik mas..
    saya install win7 di Cq40 saya malah ga ada masalah sama sekali..justru di ubuntu 11.04 wireless saya mesti install manual

    ReplyDelete
  4. @Ilalang_Muda :
    Mungkin WLan pd Cq40 menggunakan chipset Broadcom

    ReplyDelete
  5. dulu beli dimana mas, ko sekarang saya nyari susah banget lenovo 0217 28A. minta alamat lengkapnya and di harga berapa?

    sekalain tolong sharing pengalaman menggunakan laptop tersebut, perform nya gimana dll.

    Terima Kasih

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad