29 April 2012

Meningkatkan Performa Xperia X8

Asli!!! Tulisan ini basbang tapi buat saya ini sekedar catatan saya. Sore hari dapat keluhan kalau ponsel Xperia X8 mengalami penurunan performa. Tidak ada alat bantu yang digunakan untuk menguji penurunan performa tersebut. Hanya perasaan lambat saat akan menggunakan SMS. Saya pikir langganan koneksi masih dalam kuota, akhirnya hajar saja untuk mengunduh peralatan tempur.

Nge-root
Langkah pertama yang saya lakukan adalah nge-root dulu. Nge-root dilakukan dimesin bersistem operasi MS Windows. Jadi saya harus mengunduh dan menginstall driver Xperia X8. Beda dengan di Ubuntu, seingat saya tidak pernah melakukan installasi driver di Ubuntu. Masalah Ubuntu akan dibahas di sesi bawah. Driver Xperia X8 bisa diunduh di http://developer.sonymobile.com/cws/devworld/downloads/download/dw-x8drivers. Untuk alat tempur nge-root menggunakan SuperOneClick. SuperOneClick yang digunakan versi 2.3.3 yang diunduh di http://shortfuse.org/. Setelah selesai nge-root jangan lupa install BusyBox. Dari Google Market bisa langsung mengunduh dan install BusyBox karya Stephen (Stericson) atau kunjungi https://play.google.com/store/apps/details?id=stericson.busybox.

Link2SD
Saya tidak punya pertimbangan khusus untuk menggunakan Link2SD. Ini cara yang saya lakukan. Link2SD bisa anda dapatkan melalui Google Market atau https://play.google.com/store/apps/details?id=com.buak.Link2SD. Sebaiknya SDcard anda sudah dipartisi terlebih dahulu. Untuk partisi saya memilih filesystem EXT2. Alat bantu untuk membuat partisi pada SDcard menggunakan Gparted di Ubuntu. Jika belum menginstall Ubuntu bisa menggunakan Ubuntu Live baik CD maupun USB Flash Disk. Saya hanya mengalokasikan 1 GB untuk EXT2. 

Selanjutnya semua aplikasi dibuatkan link-nya ke SDcard. Oya...jangan lupa anda install AnReboot untuk mempermudah proses reboot. Anda bisa lihat di https://play.google.com/store/apps/details?id=net.londatiga.android.anreboot. Pada proses ini saat diuji coba sebenarnya sudah lumayan meningkat performanya. Terbukti saat membuka aplikasi SMS dan mengirim SMS lebih cepat dari sebelumnya. 

Just In Time
Asumsinya bahwa Xperia X8 sudah terkoneksi dengan komputer dengan baik. Saya menggunakan Ubuntu untuk melakukan proses terakhir ini. Tancapkan kabel data antara Xperia X8 dan komputer, pilih Charge atau klik back bahkan diabaikan juga tidak masalah. Just In Time atau bisa disebut JIT bisa anda unduh di http://www.mediafire.com/?sknskh3jag7krp3. Skrip JIT ini kalau dilihat dari skripnya dikompilasi oleh Luqman Hakim. Setelah di unduh kemudian di ekstrak, asumsinya di ekstrak di ~/Download/jit.

Saatnya mulai beraksi, berikut urutan perintah yang dilakukan.
./adb shell 
su 
mkdir /sdcard/jit
exit
exit
./adb push ~/Download/jit/ /sdcard/jit/
./adb shell
su
cd /sdcard/jit
sh jit
Pilih 1, proses injeksi JIT berjalan dan setelah selesai ponsel akan reboot. Jika berhasil proses akan berjalan seperti dibawah ini.
Mounting /system rw
menyalin file2 binary ke /system, sabar ya gan...
ok gan!
chmod the binaries to 755
ok gan!
menyalin file2 lib dan build.prop ke /system, sabar ya gan...
ok gan!
And chmod them
ok gan!
bersihkan dalvik-cache
ok gan!
sync sync
ok gan!
siap2 reboot gan ....
3..
2..
1..
reboot
Jika proses berjalan seperti dibawah ini artinya JIT telah berhasil diinjeksi.
./adb shell 
su
getprop dalvik.vm.execution-mode
int:jit  # ini hasilnya
Lagi-lagi untuk menguji coba hanya menggunakan perasaan. Membuka dan mengirim SMS terasa lebih cepat saja. Tidak ada alat bantu lainnya untuk mengukur :)




1 comment:

  1. gan, ane mo beli hp nich ,cm bingung, antara xperia x8 ama nokia asha 311 .. Budget ane 1,2 jtaan maklum anak kuliahan.. Ada yg blg kl xperia x8 layarnya cepat rusak ,bener? Tp ane naksir x8 krn dah android. Tp galau ,gara2 ada yg blg cpt rusak. Gmana gan mohon pencerahanx. Untk m0del,apa nyaman untk dgenggam? Ga tebel?
    Email: moody_olive@ymail.com

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad