23 October 2012

Membaca E-Paper atau E-Book secara Luring

Sekitar 3 tahun yang lalu saya dapat skrip untuk membaca koran elektronik secara luring. Proses awalnya adalah mengunduh koran elektronik tersebut menggunakan skrip yang dibuat oleh Budi Baliwae. Setelah terunduh koran tersebut dapat dibaca kapanpun menggunakan aplikasi pembaca PDF kesayangan kita.

3 tahun berlalu saya lupa menyimpan berkas-berkas skrip tersebut. Kebutuhan skrip tersebut akhir-akhir ini dibutuhkan. Akhirnya saya menggunakan cara manual. Biasanya koran-koran elektronik dikemas di situs web seakan-akan kita membuka koran sesungguhnya. Tidak hanya koran elektronik ada juga buku elektronik yang dikemas serupa. Jika Anda akan mengemas dokumen semacam koran atau buku elektronik bisa menggunakan penggaya khusus dengan istilah Flipping Book.

Metode Flipping Book adalah meletakan berkas gambar yang kemudian diolah sedemikian rupa dan hasil akhirnya seolah-olah kita membaca sebuah koran atau buku selembar demi selembar. Berdasar metode dasar tersebut sebenarnya kita dapat mengunduh berkas tersebut (buku atau koran) secara untuh dalam bentuk PDF menggunakan skrip yang dibuat Budi Baliwae. Berhubung lupa maka saya melakukan dengan cara manual, berikut tahapannya :
1.  Analisa letak berkas gambar pada situs web yang dijadikan Flipping Book
2.  Menggunakan URL Gen dari http://www.spadixbd.com/freetools/urlgen.htm yang hasilnya disimpan disebuah berkas, misal unduh-buku.txt.
3.  Mengunduh berkas gambar menggunakan perintah wget yang diletakan di direktori khusus, contoh wget -c -i unduh-buku.txt
4.  Menggunakan perintah yang bagian dari ImageMagick untuk mengkonversi berkas gambar ke pdf, contoh convert *.png buku-favorit.pdf
5.  Duduk manis dan membaca buku yang terunduh

Semua langkah diatas menggunakan Linux Mint 13 walaupun pada langkah ke-2 menggunakan aplikasi berbasis Microsoft Windows. Hal ini bisa menggunakan Wine untuk membantu kelancaran dalam mengoperasikan URL Generator. Selamat mengunduh dan membaca.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad