18 November 2012

Repotase Quantal Release Party di Tegal

Secara mendadak di sebuah warung makan, @romiredmouse dan saya sepakat mengadakan Quantal Release Party di Mardiyah Kafe Tegal. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 14 November 2012 jam 15.30 cukup meriah karena dihadiri oleh punggawa Open Source dari Tegal dan Brebes. Anda mungkin mengenal Tegal karena popularitas Warteg. Namun dibalik itu saya menemukan orang-orang hebat di Tegal yang tidak kalah dengan kota-kota besar.

Dari Quantal Release Party di Tegal saya dapat pelajaran yang mungkin bisa diterapkan di kota-kota lain, yaitu pembentukan Kelompok Studi Linux di sekolah sebagai wujud ekstrakurikuler seperti Pramuka. Di Jogja saya hanya menemukan Kelompok Studi Linux di kampus-kampus, ini di sekolah. Adanya Kelompok Studi Linux di sekolah dapat mendukung dan mempersiapkan siswa-siswa untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa SMK yang bisanya materinya menggunakan Linux.

Saya juga ketemu dengan seorang PNS Pemkab Brebes yang memiliki keahlian Embeded System dan mempunyai angan-angan membuat suatu sistem pendidikan berbasis embeded. Tentunya ini agak serupa dengan angan-angan saya membuat sistem yang tepat guna berbasis Linux. Masalah kemasan produk Tegal bisa menjadi acuan karena banyak industri rumah tangga yang bisa membuat semacam casing komputer. 

Tidak kalah menarik saya dapat bercerita "panjang kali lebar" dengan orang dibalik pemilik warnet Linux yang namanya warnetnya masih tercatat dalam daftar warnet Linux di Majalah InfoLinux. Pemilihan nama Redmouse sangat sederhana yaitu diambil dari warna inframerah yang terpancar dari tetikus atau mouse. Ini jawaban yang menjadi pertanyaan saya selama ini. Tentunya tidak lupa kita bercerita tentang pengalaman tentang rilis Ubuntu 12.10 dengan nama kode Quantal Quetzal.

Tempat pesta pun pindah setelah adzan maghrib berkumandang tapi topik yang disampaikan pun tidak jauh dari perkembangan teknologi saat ini. Saking asiknya diskusi ternyata ada pencuri menyelinap dan mengambil helm salah satu dari peserta diskusi. Selain itu sewaktu saya akan pulang ke Jogja, travel yang telah dipesan mengalami komunikasi yang salah akhirnya ganti travel. 

Mungkin ini hanya sedikit cerita tentang pelaksanaan Quantal Release Party di Tegal, dibalik itu masih ada cerita seru lainnya yang tidak dapat saya tulis. Tapi saya menunggu gebrakan teman-teman di Tegal yang akan mempelajari Keuangan Guyub dan Adempiere, sampai ketemu di Quantal Release Party Jogja di UKDW, 24 November 2012

1 comment:

  1. Setuju jika di mulai dari tingkat sekolah.
    Alhamdulillah kami disini sudah mulai aktif untuk share knowledge di level SMA…

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad