19 May 2013

#DuelAndro Xperia Z vs Galaxy S4

Prima Abadi pusatnya Android Jogja mengadakan diskusi menarik yaitu Duel Top End Android Phone dengan menghadirkan langsung narasumber dari Sony Xpert Mobile dan Samsung Mobile Phone. Dari pihak Sony diwakili oleh Trias Pamungkas sedangkan dari Samsung diwakili oleh Fitria Anggraini. Selain itu ada pengamat gawai Antonius Fran Setiawan yang mengulas atau membedah dua ponsel kelas atas dari Sony dan Samsung.

Diskusi diawali perkenalan dari Komunitas Gadget/Gawai Yogyakarta atau biasa disebut GaYa yang kebetulan sebagai pendukung acara ini. Sesi pertama langsung diperkenalan oleh Trias tentang Xperia Z dilanjutkan dengan tanya jawab. Dari tanya jawab sangat menarik karena terjawab secara langsung seperti pembuktian bahwa Xperia Z memang tahan air yang dibuktikan dimasukan ke dalam semacam toples berisi air. Dijelas oleh Trias walau tahan air, Xperia Z bukan berarti bisa direndam terus menerus. Xperia Z sesuai sertifikasinya bertahan di kedalaman 1 meter dan dalam waktu 30 menit. Selain itu sebaiknya setelah terkena air segera dilap dengan kain kering.

Sesi kedua dari pihak Samsung, Fitria menyampaikan fitur-fitur Galaxy S4. Bahkan ada demonstrasi membaca konten berita dengan gerakan mata yang dapat menggulirkan layar dari atas ke bawah. Bahkan dari salah satu anggota komunitas GaYa yang kebetulan membawa Galaxy S4 mencoba mematikan televisi melalui fitur remote tv.

Tentu ulasan dari masing-masing perwakilan memberikan gambaran yang baik-baik, oleh sebab itu didatangkan nara sumber yang bersifat lebih netral pada sesi ketiga. Pada sesi ini materi disampaikan oleh Fran yang menguji Xperia Z dan Galaxy S4 selama 1 malam. Terlihat masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan masing. Buat saya ada sebuah pertanyaan titipan, yaitu hasil ujicoba HTML5 menggunakan http://html5test.com kedua ponsel ini menunjukan skor yang sama yaitu 415. Tapi ada hal yang menarik bahwa di Galaxy S4 mengaktifkan fitur SELinux walaupun sama-sama menggunakan versi sistem operasi Android terbaru seperti di Galaxy Z. Akhir sesi dibahas perkembangan BBM yang akan diimplementasi di Android maupun iOS.

Secara keseluruhan acara berjalan dengan baik, materi dari ketiga nara sumber memberikan wawasan baru bagi peserta. Saya sendiri sangat senang bisa hadir dan ikut serta dalam acara seperti ini. Terima kasih buat pak Samuel Kurniadi dari Prima Abadi yang telah menginisiasi acara semacam ini, semoga Prima Abadi sukses selalu.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad