08 May 2013

RRP Pesta Rilisnya Ubuntu 13.04

Ubuntu terbaru versi 13.04 yang merupakan kombinasi tahun dan bulan, rilis pada bulan April 2013 dengan codename Raring Ringtail. Oleh sebab itu perayaan rilisnya Ubuntu terbaru ini acaranya bertajuk Raring Release Party (RRP). Di Indonesia sendiri RRP pertama kali diselenggarakan di Yogyakarta dengan kode RRPJogja.

Terpilih penyelenggara atau panitia lokal adalah UPN "Veteran" Yogyakarta. Acara RRPJogja ini hasil kolaborasi Perkumpulan Komunitas Ubuntu Indonesia SubLoCo Yogyakarta, Ikatan Alumni Teknik Informatika  UPN "Veteran" Yogyakarta, Jurusan Teknik Informatika  UPN "Veteran" Yogyakarta dan Kelompok Studi Linux  UPN "Veteran" Yogyakarta. Tema yang dibawakan adalah tentang jaringan dengan narasumber Onno W. Purbo dan I Gede Bagus Kosha.

Onno sapaan akrab Onno W. Purbo membawakan materi tentang Mesh Network yang disertai dengan demo installasi Mesh Network. Sempat terjadi kegagalan dalam melakukan optimasi sistem operasi pada Access Point, namun justru itu menariknya. Semua peserta jadi mengetahui bahwa dalam meng-upgrade sistem operasi OpenWRT pada perangkat Access Point harus hati-hati. Buat saya ada dua hal yang menjadi cita-cita kelanjutan meng-oprek tentang Mesh Network ini adalah installasi Mesh Network di Android dan membangun Mesh Network untuk transportasi cerdas.

Materi pertama sebenarnya disampaikan oleh I Gede Bagus Kosha atau biasa akrab dipanggil Kosha. Materi yang disampaikan Kosha tentang Web Application Filtering (WAF) yang biasa diimplementasikan di teknologi Cloud Computing. Tidak sempat mendemonstrasikan implementasi WAF karena keterbatasan waktu. Kosha disini cukup gamblang menjelaskan WAF yang menggunakan NGINX dan NAXSI. Menurut saya hal ini perlu dicoba pada implementasi Cloud Computing.

Acara sangat seru tidak hanya menjelaskan hal-hal teknis namun ada sedikit hiburan diakhir acara. Tentunya ini tidak terlepas dukungan dari sponsor. Saya atas nama panitia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sponsor seperti:

  1. Kuliax
  2. Linux Geekers
  3. T'Lab Shop
  4. Jogja English
  5. Imagine
  6. Hosting Sapi
  7. Pasar Impor
  8. Abadi Tour dan Travel
  9. Skripta Media Creative
  10. Tanya Linux
  11. HarianTIcom
  12. Dero n Friends Laundry
Sumber Foto: Ismed Darmanto

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad