24 February 2015

Identifikasi Informasi Dasar dari Ponsel

Mungkin akhir-akhir ini saat membeli ponsel sudah tidak memperhatikan nomor identitas ponsel. Pada ponsel GSM terdapat IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) sedangkan pada ponsel CDMA terdapat MEID (Mobile Equipment Identifier). Berhubung tidak memiliki ponsel CDMA saya hanya bisa menguji ponsel GSM.

Untuk mengetahui IMEI pada ponsel GSM paling mudah melakukan panggilan ke *#06#. Sempat mencoba pada iPhone dengan melakukan panggilan ke *#06# tidak berhasil. Bagi pemilik iPhone GSM/CDMA dapat mengikuti prosedur di http://support.apple.com/id-id/HT204073. Bahkan sempat beredar informasi bahwa melalui IMEI dapat diketahui kualitas ponsel dengan identifikasi angka ke-7 dan ke-8. Diantara percaya atau tidak terkait kualitas ponsel melalui IMEI, saya memeriksa IMEI ponsel LG L90 di www.imei.info informasi yang muncul ponsel dengan tipe KE990 Viewty. Saya jadi garuk-garuk kepala.

Saya lupakan sebentar masalah IMEI. Informasi dasar dari ponsel yang perlu diketahui adalah nomor kontak atau nomor ponsel. Terkadang kita lupa nomor kontak sendiri. Bisa jadi disebabkan karena seringnya ganti nomor kontak. Untuk mengetahui nomor kontak masing-masing operator berbeda.
1. Telkomsel melakukan panggilan ke *808# dikenai biaya Rp. 25 (termasuk PPN); biaya dapat berubah sewaktu-waktu
2. Indosat melakukan panggilan ke *123*30#
3. XL melakukan panggilan ke *123*7*3*1*1# akan disertai informasi nomor ICCID
4. Tri melakukan panggilan ke *998#

Mengetahui IMEI dan nomor kontak dengan melakukan panggilan ke nomor tertentu atau biasa disebut USSD dapat membantu proses Forensik Seluler Dasar.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad