28 October 2006

Martabak Mie



Pagi hari saat jaga rumah sendirian tiba-tiba perut ini terasa lapar. Oleh sebab itu terfikir untuk membuat "sarapan". Makanan yang lama tidak saya makan adalah Martabak Mie. Akhirnya saya langsung ke dapur untuk melihat persedian mie. Ternyata ada mie. Hal yang menggelitik saya adalah mie tersebut untuk korban gempa di Jogja waktu lalu.

Usut punya usut, mie tersebut didapat dari para korban gempa yang kebanjiran stok mie instan. Mie ini hasil bantuan dari masyarakat Jepang. Dalam hati saya kok katanya korban gempa ada yang masih kekurangan sumbangan. Ternyata ini malah kebanjiran. Apakah salah drop bantuan?Apakah ada unsur penimbunan?Apakah ada unsur keserakahan dari masyarakat? Saya tidak tahu. Menurut cerita rekan-rekan korban gempa, di daerah-daerah terpencil justru tidak merasa kekurangan bahan makanan atau bantuan. Mereka saling bantu membantu, bahu membahu, gotong royong untuk membangun desanya kembali. Mereka juga tidak mengharapkan dan mengira kalau ada bantuan dari luar. Inilah yang saya salut kepada mereka dapat mandiri. Hal ini juga harus dicontoh masyarakat IT untuk memahami penggunaan produk-produk IT. Tidak harus tergantung dengan suatu produk. Masih ada "Open Source" yang semangatnya hampir sama dengan gotong-royong.

Kembali ke topik martabak mie. Untuk membuat martabak mie bumbunya adalah sebagai berikut :
1. Mie instan 1 bungkus.
2. Telur 1 butir.
3. Daun bawang secukupnya.
4. Bawang merah secukupnya.
5. Cabe merah secukupnya.
6. Mentega atau minyak goreng.

Simpel kan??nah sekarang cara pembuatannya :
1. Perbandingan mie instan : telur = 1:1.
2. Rebus mie instan dan ditiriskan.
3. Potong tipis bawang merah.
4. Potong miring cabe merah.
5. Potong kecil-kecil daun bawang.
6. Mie instan, telur, potongan bawang merah, potongan cabe merah, potongan daun bawang, bumbu mie instan dicampur dan diaduk dalam suatu tempat.
7. Setelah merata panas kan minyak goreng atau mentega.
8. Adukan mie sudah rata masukkan kedalam penggorengan.
9. Bolak-balik, sesuai dengan selera anda.
10. Selesai, angkat dan hiaslah sesuai dengan selera anda :).

Sangat sederhana pembuatannya dan rasa sangat enak. Ketika enak menyantap martabak mie ini saya juga chatting dengan beberapa orang. Dalam chatting tersebut ada memberikan informasi bahwa ada isu beberapa mie instan yang dibagikan kepada para korban gempa di Jogja mengandung minyak babi sekitar 2,235%. Saya mencoba informasi namun katanya ini informasi yanga sangat terbatas. Tapi tidak apalah saya sudah terlanjur makan mie ini. Saya juga mencari bungkus mie instan ini di tong sampah untuk memastikan logo "halal". Ternyata ada, Alhamdulillah dalam hati saya. Siapapun yang melakukan perbuatan pembohongan publik pasti ada ganjaran yang setimpal.

Berikut saya sajikan beberapa foto tentang martabak mie ala milisdad :

Bungkus Mie Instan



Martabak Mie ala milisdad



Kandungan Gizi

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad