Skip to main content

Belajar Mengkompilasi Kernel

Tadi sore saya ditemani seorang teman yang baik hati, namanya klunxer.
Selain itu dapat support dari Willy melalui Plurk dan milis KPLI Jogja.

Saya mempunyai masalah dengan driver sundance untuk DFE-580TX.
Sehingga mencoba untuk mengkompilasi kernel dengan harapan driver tersebut bisa berjalan dengan baik.
Dulu sering sekali mengkompilasi kernel namun sering gagal makanya tidak ingin mencoba kembali kompilasi kernel.
Ini adalah pelajaran jaman dulu sewaktu belajar Linux.
Memang saat ini saya sedang mencoba Slackware, sedikit selingkuh :p
Jadi saya harus mengingat kembali cara kompilasi kernel dan mainan Lilo.

Ini sekadar mencatat yang telah saya kerjakan tadi sore bersama klunxer.
Tahapan kompilasi kernel sebagai berikut :
1. Unduh dulu kernel 2.6.30.5 dari mirror terdekat
wget -c http://kambing.ui.ac.id/linux/v2.6/linux-2.6.30.5.tar.bz2

2. Ekstrak kernel 2.6.30.5 ke direktori /usr/src/
tar jxvf linux-2.6.30.5.tar.bz2 -C /usr/src/

3. Pindah ke direktori /usr/src dan mengganti symbolic link linux menjadi linuk
cd /usr/src
mv linux linuk

4. Membuat symbolic link linux dari kernel baru
ln -s linux-2.6.30.5 linux

5. Ekstrak konfigurasi kernel yang masih aktif ke direktori /usr/src/linux
zcat /proc/config.gz > /usr/src/linux/.config

6. Berhubung yang diaktifkan modul sundance, maka edit berkas /usr/src/linux/.config pada bagian sundance seperti dibawah ini
CONFIG_SUNDANCE=m
CONFIG_SUNDANCE_MMIO=y

7. Mengkompilasi kernel dan modul, sebelumnya masuk terlebih dahulu ke direktori /usr/src/linux/
cd /usr/src/linux
make bzImage modules

8. Instalasi modul
make modules_install

9. Menyalin kernel baru ke direktori /boot
cp arch/x86/boot/bzImage /boot/vmlinuz-sundance-2.6.30.5

10. Menyalin System.map ke direktori /boot
cp System.map /boot/System.map-sundance-2.6.30.5

11. Menyalin konfigurasi kernel ke direktori /boot
cp .config /boot/config-sundance-2.6.30.5

12. Masuk ke direktori /boot dan mengganti System.map
cd /boot
mv System.map sistem

13. Membuat symbolic link baru System.map
ln -s System.map-sundace-2.6.30.5 System.map


Kompilasi kernel sudah selesai.
Sebelum kompilasi kernel sebaiknya anda siapkan cemilan atau hiburan lain.
Pada point 7 dan 8 memerlukan waktu yang sangat lama, tergantung dari processor dan memory komputer anda.
Berikut tahapan modifikasi lilo dengan menggunakan kernel baru :
1. Edit berkas /etc/lilo.conf
vim /etc/lilo.conf

2. Tambahkan baris berikut
image = /boot/vmlinuz-sundance-2.6.30.5
root = /dev/sda1
label = sundance
read-only

3. Pada baris bagian atas tambahkan baris
default = sundance

4. Simpan berkas /etc/lilo.conf, selanjutnya menjalankan perintah lilo
5. Silahkan reboot untuk menikmati kernel baru

Hasilnya bagus karena tidak ketemu dengan kernel panic :D
Namun masalah utama saya masih belum terselesaikan.
Paling tidak hari ini saya sudah mengingat-ingat pelajaran beberapa tahun yang lalu.
Terimakasih buat klunxer yang menemani saya dengan perbincangan yang ngalor-ngidul dan Willy yang support melalui milis.

Referensi : http://alien.slackbook.org/dokuwiki/doku.php?id=linux:kernelbuilding

Comments

  1. Kalau setiap kali kompilasi kernel harus menyiapkan camilan, berarti Linus Torvalds gembul dong... secara dia tiap hari kompilasi kernel :-p

    ReplyDelete
  2. @triyan :
    kalo punya 1 mesin sebaiknya menyediakan hiburan untuk menunggu selesainya kompilasi. tapi kalo punya banyak mesin yg tidak melakukkan kompilasi bisa sebagai pengganti camilan atau sebagai mainan lainnya.

    tapi RMS gembul tuuhh (thinking)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kesalahan Dispenser

Pada umumnya beberapa orang menyebut dispenser mengikuti istilah pada KBBI yaitu peranti elektronik yg secara otomatis dapat memanaskan dan mendinginkan air yang siap diminum. Ternyata ada istilah lain menurut KBBI yaitu mesin penjual atau mesin penyaji. 27 Desember 2013 saya melihat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari Bank CIMB Niaga sepi dari antrian. Masuklah ke ruangan yang lebih besar dibanding ruang ATM lainnya. Berencana mengambil uang namun gagal, dicoba berulang-ulang ternyata masih gagal dengan pesan galat: Transaksi tidak dapat diproses karena kesalahan dispenser Pertama melihat pesan tersebut pasti merasa aneh, kok dispenser ngeluarin uang, air dong yang dikeluarkan . Termasuk saya yang merasa aneh dengan pesan galat tersebut. Merujuk KBBI saya masih merenungi arti dispenser yang digunakan Bank CIMB Niaga dalam mesin ATM.

Jalur Alternatif Wonosobo Jogja

Mudik tahun ini mencoba jalur baru. Pengamatan saya Wonosobo hanya mempunyai 2 tugu penyambutan yaitu di sebelah timur perbatasan dengan Temanggung dan diselatan perbatasan dengan Banjarnegara. Namun akses keluar masuk Wonosobo cukup banyak. Kali ini arus balik kami dimulai dari rumah Wonobungkah menuju Kaliwiro. Ternyata dari Kaliwiro ada jalur yang baru selesai diperbaiki menuju Sapuran. Dari Sapuran ini bisa melalui jalur altenatif ke Magelang ataupun Jogja. Ada 2 jalur yang dapat dipilih dari Kaliwiro : Wonosobo - Kaliwiro - Kali Bawang - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Wonosobo - Kaliwiro - Winong Sari - Pasar Kertek - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Kami memilih jalur yang pertama. Jalannya sudah bagus walaupun ada kekurangannya yaitu sempit, naik turun, tikungan tajam, dan samping jurang. Jarang ditemukan aspal yang rusak, ada sedikit rusak namun tidak mengganggu perjalanan. Bagi yang terbiasa mabuk darat, mungkin bisa langsung

Menutup Rekening Bank Permata

Mulai tanggal 23 Desember 2008 saya sudah menutup rekening di Bank Permata . Saya menggunakan Bank Permata sebagai payroll dari PT Trikomsel Multimedia . Sejak saya pindah ke Jogja sudah tidak efektif rekening tersebut. Payroll saya pindah ke Bank Mandiri . Untung sudah mempunyai rekening Bank Mandiri sejak tahun 2001. Beberapa alasan saya menutup rekening Bank Permata : - Tidak lagi sebagai payroll lagi. - Tidak ada transaksi yang berarti lagi. - E-Banking-nya tidak bisa di buka di Firefox karena menggunakan ActiveX. Daripada tiap bulan saya terkena biaya administrasi akhir diputuskan untuk ditutup. Mungkin kalau masih bisa dibuka di Firefox saya bisa mempertimbangkan untuk menutupnya. Bank Permata yang masih 1 group dengan Astra tentunya masih menggunakan kebijakan yang berbasis Microsoft . Proses untuk menutup saya cukup mengambil uang yang disisakan sekitar Rp. 100.000. Saya membuka rekening di Bank Permata cabang pembantu Jln. Abdul Muis Jakarta Pusat. Menurut CS-nya untuk me