31 October 2009

Mengaktifkan Headphones Macbook pada Karmic

Sejak Ubuntu 9.10 dengan codename Karmic Koala diluncurkan saya masih bingung akan melakukan upgrade. Ketika mejelang Release Candidate saya beranikan untuk meng-upgrade ke Ubuntu 9.10. Setelah upgrade tidak ada masalah, namun ketika akan menggunakan headphones tidak berfungsi. :(

Kemudian saya coba medukun ke google dan konsultasi ke milis Ubuntu-ID. Akhirnya ditemukan solusinya. Pertama harus install gnome-alsamixer.
~$ sudo apt-get install gnome-alsamixer
[sudo] password for dad:
Reading package lists... Done
Building dependency tree
Reading state information... Done
The following NEW packages will be installed:
gnome-alsamixer
0 upgraded, 1 newly installed, 0 to remove and 0 not upgraded.
Need to get 53.7kB of archives.
After this operation, 602kB of additional disk space will be used.
Get:1 http://kambing.ui.ac.id karmic/universe gnome-alsamixer 0.9.7~cvs.20060916.ds.1-2 [53.7kB]
Fetched 53.7kB in 0s (121kB/s)
Selecting previously deselected package gnome-alsamixer.
(Reading database ... 228127 files and directories currently installed.)
Unpacking gnome-alsamixer (from .../gnome-alsamixer_0.9.7~cvs.20060916.ds.1-2_i386.deb) ...
Processing triggers for man-db ...
Processing triggers for desktop-file-utils ...
Setting up gnome-alsamixer (0.9.7~cvs.20060916.ds.1-2) ...
Kedua jalankan Gnome-Alsamixer dan unmute pada kolom Speaker kedua seperti pada gambar berikut.

Alhasil saya bisa mendengarkan melalui headphones tanpa mengganggu sebelah saya :D

2 comments:

  1. alhamdulillah akhirnya sound saya yg suaranya kecil banget sekarang teratasi.... thanks banget ya dh mau share...

    ReplyDelete
  2. @adhie :
    anda pengguna Ubuntu di MacBook?

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad