28 October 2009

Siswa SMA Soroako Menang Olimpiade ODF

Pada GCOS 2009 merupakan puncak acara dari Olimpiade ODF yang diselenggarakan beberapa bulan yang lalu. Dalam GCOS 2009 para pemenang Olimpiade ODF menerima penghargaan langsung dari Menkominfo Tifatul Sembiring.

Dari 6 pemenang dari tingkat SLTP hingga SLTP ada yang unik menurut saya. Pemenang rata-rata berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Ada yang membuat saya kaget dan bangga yaitu siswa dari SMA YPS Soroako sebagai pemenang Olimpiade ODF untuk kategori SLTA. Tidak tanggung-tanggung siswa SMA YPS Soroako ini menyabet hadiah pertama. Menurut saya siswa seperti Andreas Lawang harus menjadi contoh siswa didaerah. Siswa didaerah mempunyai kesempatan yang sama besarnya dengan siswa yang berada di kota-kota besar.

Andreas Lawang beserta guru pendampingnya diundang untuk menghadiri GCOS 2009 di Jakarta. Bahkan mereka sempat berdiskusi dengan SPG Ubuntu Jogja tentang Ubuntu yang diinstall pada notebook. Menurut mereka dengan adanya distro BlankOn sangat membantu siswa-siswa didaerah karena aplikasinya sudah memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus koneksi internet.

Selain penyerahan penghargaan kepada pemenang Olimpiade ODF juga diberikan penghargaan kepada Komunitas Ubuntu Jogja sebagai juara 1 kompetisi komunitas FOSS. Untuk juara II kompetisi komunitas FOSS diraih Komunitas Blender Indonesia. Selamat bagi para pemenang, semoga ini titik yang baik untuk mulai lebih giat berkontribusi ke bangsa dan negera.

Foto : Dokumentasi Majalah Biskom.

2 comments:

Disqus for Dedy selalu Milisdad