23 March 2010

Ubuntu 10.04 Beta1

Penasaran dengan tampilan Ubuntu 10.04 LTS, saya mencobanya di VirtualBox dulu. Pada VirtualBox jangan lupa ACPI-nya dimatikan terlebih dahulu. Seperti  berita yang beredar bahwa Ubuntu 10.04 memang benar-benar baru dari tampilan dan beberapa aplikasi.

Saat ini Ubuntu 10.04 LTS masih versi Beta1. Saya jalankan di VirtualBox dengan memory 384MB. Saya tidak memikirkan berat atau tidak karena orientasi saya ingin melihat tampilan barunya :p. Ternyata memang benar-benar baru dan membuat hati ini tergerak untuk langsung install. Berhubung masih banyak pekerjaan sepertinya tunda dulu.

Tampilan saat pertama kali booting sungguh menawan dengan sentuhan huruf baru dan polesan pada logo. Pertama kali masuk menggunakan akan disuguhkan menu installasi. Hal ini biasanya jika kita pilih  icon Install pada desktop. Langsung saya tolak tawaran tersebut dan jreenngg... tampilan baru Ubuntu 10.04 LTS dengan sentuhan warna ungu.

Ada testimoni dari anak-anak SMK N 1 Klaten yang sedang magang di Lab, katanya biasa saja hampir sama seperti yang Ubuntu 09.04. Hhhmm....Tak apalah nanti kita lihat bersama :) Saat saya cek di System | Preferences ada menu baru yaitu Broadcast Prefereces.

Selain itu pada menu Applications banyak sekali perubahan diantaranya adalah :
1. Menu Games sudah berkurang jumlahnya
2. Menu Graphics tidak terdapat aplikasi GIMP, gampang nanti install sendiri :D
3. Menu Internet ketika membuka Firefox mesin pencarinya adalah Yahoo Search dan ada aplikasi tambahan yaitu Gwibber
4. Menu Sound & Video ada tambahan Pitivi
Istilah untuk mematikan komputer adalah Switch Off bukan lagi Shutdown.

Ini sekedar ujicoba kurang dari 1 jam. Semoga bisa menjadi referensi. Saatnya mencari waktu yang tepat untuk migrasi ke 10.04 LTS :)

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad