21 July 2010

Mengirim Pesan Singkat

Sekitar tahun 2001 mengirim SMS hanya untuk sesama operator tidak bisa lintas operator. Namun ada solusi SMS lintas operator yaitu menggunakan layanan OKE SMS yang dikeluarkan oleh Trikomsel. Saya masih ingat waktu itu jika akan membeli voucher OKE SMS harus ke Malioboro Mall tepatnya dibelakang Mc Donalds. Berhubung relasi waktu itu belum banyak saya memutuskan tidak menggunakan layanan SMS OKE. Informasi tentang SMS OKE saat ini agak sulit dicari, mungkin anda bisa coba mencari di google.com dengan kata kunci "SMS OKE" (termasuk tanda kutip). Saat saya masuk Trikomsel tahun 2007 SMS OKE tinggal sejarah :D

Perkembangan internet mulai menunjukan taringnya di Indonesia. Dikenallah sebuah media komunikasi chatting menggunakan layanan dari Yahoo yaitu Yahoo Mesengger. Rata-rata di Indonesia benyak menggunakan layanan dari Yahoo ini untuk keperluan pribadi maupun komersial. Terlihat banyak layanan yang komunikasinya menggunakan Yahoo Messenger. Saya setuju dengan Fajran tentang pendapatnya bahwa di Indonesia banyak pengguna YM, Instant Messenger besutan Yahoo.

Beberapa rekan-rekan saya sudah mulai bosan dengan layanan Yahoo ini. Mereka beralih ke Skype namun hanya sebentar saja. Begitu pula dengan saya yang agak dengan tertarik layanan pesan paketan Zimbra. Tapi hanya bertahan sebentar saja. Sebenarnya Zimbra menggunakan protokol Jabber jadi sebenarnya lebih enak untuk komunikasi dengan sesama pengguna Zimbra atau layanan yang menggunakan Jabber seperti Gtalk, layanan Instant Messenger dari Google.

Saat ini yang mulai menjadi trend adalah BlackBerry Messenger. Layanan dari  BlackBerry ini mulai digunakan sebagai komunikasi profesional. Misal yang pernah saya dengar (saya belum tahu pasti) ada sebuah perusahaan yang memantau agen-agennya menggunakan BlackBerry Messenger. Indra Gunawan menggunakan BlackBerry Messenger sebagai sarana komunikasi karena tuntutan profesi yang kebanyakan relasinya menggunakan BlackBerry.

Apakah nantinya BBM atau BlackBerry Messenger akan menjadi standar De facto messenger di Indonesia?
Apakah anda pernah mendapat pertanyaan, "share PIN BB-nya donk...".

Saya masih menggunakan sarana komunikasi SMS karena saya sering membalas SMS hanya berisi 1 kata "OK" :D

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad