06 August 2010

Upgrade Kalkun v0.1.4a ke Kalkun v0.2.1

Akhirnya saya bisa melakukan upgrade Kalkun dari v0.1.4a ke v0.2.1. Sebenarnya anda dapat melakukan sesuai petunjuk seperti pada blog pengembangnya, Azhari Harahap. Walaupun Kalkun tidak menang di INAICTA 2010 tapi saya tetap nge-fans dengan Kalkun :D. Berikut tahapan untuk upgrade Kalkun :
1. Backup terlebih dahulu direkori kalkun
cp -rf kalkun kalkun-backup-06082010
2. Backup terlebih dahulu database kalkun, saran saya menggunakan phpmyadmin.
3. Unduh Kalkun v0.2.1 di http://sourceforge.net/projects/kalkun/files/kalkun/0.2/kalkun_0.2.1.tar.gz/download
wget -c http://sourceforge.net/projects/kalkun/files/kalkun/0.2/kalkun_0.2.1.tar.gz/download
4. Ekstrak Kalkun v0.2.1 ke direktori kalkun
tar zxvf kalkun_0.2.1.tar.gz -C kalkun
5. Sunting baris 85 berkas install.php pada direktori ~/kalkun/system/application/controllers/ menjadi seperti dibawah ini (ditambah group by ID)
$sql = "select ID from sentitems group by ID";
6. Lakukan upgrade dengan mengikuti petunjuk yang ada dengan membuka alamat kalkun, misal http://localhost/kalkun/ .
7. Hapus direktori install
rm -rf ~/kalkun/install
Selesai sudah memasak kalkun. Saatnya berpesta....



14 comments:

  1. Kalo boleh tahu,ini software untuk apa ya mas Dedy? Sepertinya menarik untuk dicoba.

    ReplyDelete
  2. @agasi ;
    ini aplikasi untuk manajemen SMS via web. silakan anda bisa klik http://milisdad.blogspot.com/search/label/kalkun

    ReplyDelete
  3. cara instalasi yang komplet dimana mas deddy, saya new user banget, apa modem mesti pake iTegno? thanx

    ReplyDelete
  4. @agung :
    installasi komplit bisa diliat pada http://milisdad.blogspot.com/search/label/kalkun.
    saya pake usb modem internet bisa kok.

    ReplyDelete
  5. mas, selamat pagi.

    saya pengguna pemula linux nih.
    saya coba install gammu - kalkun, kok kalkun nya gak detek gammu dan HP ya?
    status : unknown.

    gammu sudah beres install, bisa kirim sms sudah lancar,
    kalkun juga sudah beres, sms di outbox sudah masuk ke database sql

    tapi di dashboard, tidak konek (emei dan gammu statusnya gak ada)
    jd gak bisa ngirim sms.

    mohon bantuan

    ReplyDelete
  6. @reporter :
    saya agak bingung bingung...
    paragraf pertama gammu tidak mendeteksi gammu.
    bisa kah anda menginformasikan menggunakan gammu versi berapa dan ponsel apa?

    paragraf kedua, sepertinya sudah lancar tidak masalah.
    kok diparagraf ketiga tidak bisa sms.

    mohon saya dibantu permasalahan anda tahap demi tahap.
    informasi cara installasi dari awal anda dpt lihat pada http://milisdad.blogspot.com/search/label/kalkun.

    ReplyDelete
  7. hehe.. maaf kalau malah membingungkan :D

    gammu saya [Gammu version 1.28.0 built 13:12:03 on Jul 12 2010 using GCC 4.4]

    ponsel saya sudah kedetek gammu :
    Device : /dev/ttyACM0
    Manufacturer : Motorola
    Model : L6 (L6)
    Firmware : "R3511_G_0A.53.1AR"
    IMEI : 352512016030171
    Product code : L6
    SIM IMSI : 510890934968335

    sampai sini ponsel sudah bisa kirim sms via gammu.

    lalu saya install kalkun Kalkun v0.2.1 di folder opt/lampp/htdocs (sesuai folder tempat install XAMMP).

    kendalanya di step ini gagal
    ~$mysql -u root -p
    mysql> CREATE DATABASE kalkun;
    mysql> quit

    lalu saya masukkan manual bikin database kalkun lewat phpmyadmin.

    setelah itu install kalkun seperti biasa. termasuk mengeset system/application/config/database.php.

    setelah diinstall, hasil akhir di homepage kalkunnya

    Status: Unknown
    Gammu Version : Unknown
    Modem IMEI : Unknown

    letak kesalahannya dimana ya?
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. @reporter :
    jadi kendala gagal membuat database?
    coba pastikan database mysql-nya sudah nyala.
    anda menggunakan Ubuntu atau Linux lain?
    coba anda cek dilog gammu pesan error-nya.

    ReplyDelete
  9. nyala kok. databasenya sudah saya buat manual dan berhasil (SMS yang dikirim akan masuk di table outbox databasenya kalkun. log error di gammu juga kosong.

    kendalanya, kalkun-nya tidak bisa untuk mengirim sms (tidak konek dengan gammu nya). kenapa ya? saya pakai ubuntu 10 (lucid)

    ReplyDelete
  10. @reporter :
    sudah install gammu-smsd?
    do apt-get install gammu gammu-smsd

    ReplyDelete
  11. sudah itu mas,

    Reading state information... Done
    gammu is already the newest version.
    gammu-smsd is already the newest version.

    hemmm, mungkin ada sesuatu yg kurang teliti mungkin. biar saya coba-coba lagi. terima kasih bantuannya :D

    ReplyDelete
  12. @reporter :
    sebenarnya saya sudah tulis di http://milisdad.blogspot.com/search/label/kalkun.
    mungkin ada yg terlewat, mohon koreksinya.

    ReplyDelete
  13. sepertinya bukan di kalkunnya juga mas, saya coba script php untuk sms manual, pesan sms cuma masuk ke outbox sql saja tanpa terkirim oleh gammu. padahal kalo dikirim manual lewat terminal, gammu nya merespon dan sms terkirim.

    ReplyDelete
  14. @reporter :
    coba dulu menggunakan Kalkun v0.1.4a

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad